Pesan Bapa Suci Paus Fransiskus Kepada Konferensi Media Katolik

Pesan Bapa Suci Paus Fransiskus

Kepada Konferensi Media Katolik

Disponsori oleh Asosiasi Pers Katolik


 

Kepada Anggota Asosiasi Pers Katolik,

Tahun ini, untuk pertama kalinya dalam sejarahnya, Asosiasi Pers Katolik menyelenggarakan Konferensi Media Katolik virtual, karena situasi kesehatan saat ini. Sebelumnya, saya ingin menyatakan kedekatan saya dengan mereka yang telah terkena virus dan mereka yang, bahkan dengan risiko hidup mereka, telah bekerja dan terus bekerja dalam membantu saudara-saudari kita yang membutuhkan.

Tema yang Anda pilih untuk Konferensi tahun ini – Together While Apart – Bersama di Kala Terpisah –  dengan fasih mengungkapkan rasa kebersamaan yang muncul, secara paradoks, dari pengalaman jarak sosial yang dipaksa oleh karena pandemi. Dalam Pesan saya untuk Hari Komunikasi Sedunia tahun lalu, saya merenungkan bagaimana komunikasi memungkinkan kita untuk menjadi, seperti yang dikatakan Santo Paulus, “anggota satu sama lain” (lih. Ef 4:25), dipanggil untuk hidup dalam persekutuan dalam jaringan hubungan yang terus berkembang. Karena pandemi, kita semua harus menghargai kebenaran ini dengan lebih penuh. Memang, pengalaman beberapa bulan terakhir ini menunjukkan betapa pentingnya misi media komunikasi untuk menyatukan orang, mendekatkan jarak, menyediakan informasi yang diperlukan, dan membuka pikiran dan hati kepada kebenaran.

Justru kesadaran inilah yang mengarah pada pendirian surat kabar Katolik pertama di negara Anda dan dorongan terus-menerus yang diberikan oleh para imam Gereja. Kita melihat ini dalam kasus Miscellany Katolik Charleston, yang diluncurkan pada tahun 1822 oleh Uskup John England dan diikuti oleh begitu banyak surat kabar dan jurnal lainnya. Saat ini, sama seperti sebelumnya, komunitas kita mengandalkan surat kabar, radio, TV, dan media sosial untuk berbagi, untuk berkomunikasi, untuk memberi informasi dan untuk bersatu.

E pluribus unum– cita-cita persatuan di tengah keragaman, tercermin dalam moto Amerika Serikat, juga harus mengilhami layanan yang Anda tawarkan untuk kebaikan bersama. Betapa mendesaknya hal ini dibutuhkan saat ini, di zaman yang ditandai oleh konflik dan polarisasi yang dari situ komunitas Katolik itu sendiri tidak kebal. Kita membutuhkan media yang mampu membangun jembatan, mempertahankan kehidupan dan meruntuhkan tembok, baik yang terlihat maupun tidak terlihat, yang mencegah dialog yang tulus dan komunikasi yang jujur antara individu dan masyarakat. Kita membutuhkan media yang dapat membantu orang, terutama kaum muda, untuk membedakan yang baik dari yang jahat, untuk mengembangkan penilaian yang baik berdasarkan pada presentasi fakta yang jelas dan tidak memihak, dan untuk memahami pentingnya bekerja demi keadilan, kerukunan sosial, dan rasa hormat terhadap rumah kita bersama. Kita membutuhkan orang-orang yang memiliki keyakinan yang melindungi komunikasi dari semua yang akan membelokkannya atau mengarahkannya ke tujuan lain.

Saya meminta Anda untuk bersatu dan menjadi tanda persatuan di antara Anda sendiri. Media bisa besar atau kecil, tetapi di Gereja ini bukan kategori yang diperhitungkan. Di dalam Gereja kita semua telah dibaptis dalam satu Roh dan menjadikan anggota dari satu tubuh (lih. 1 Kor 12:13). Seperti di setiap tubuh, sering kali para anggota adalah yang terkecil, yang pada akhirnya, adalah yang paling diperlukan. Begitu pula dengan tubuh Kristus. Kita masing-masing, di mana pun kita menemukan diri kita, dipanggil untuk berkontribusi, melalui pengakuan kebenaran kita dalam kasih, kepada pertumbuhan Gereja menuju kedewasaan penuh dalam Kristus (lih. Ef 4:15).

Kita tahu, komunikasi bukan sekadar masalah kompetensi profesional. Seorang komunikator sejati mendedikasikan dirinya sepenuhnya untuk kesejahteraan orang lain, di setiap tingkatan, dari kehidupan setiap individu hingga kehidupan seluruh keluarga manusia. Kita tidak dapat benar-benar berkomunikasi kecuali jika kita terlibat secara pribadi, kecuali kita secara pribadi dapat membuktikan kebenaran dari pesan yang kita sampaikan. Semua komunikasi memiliki sumber pamungkas dalam kehidupan Allah Tritunggal, yang membagikan kekayaan hidup ilahi kepada kita dan pada gilirannya memanggil kita untuk mengkomunikasikan harta berharga itu kepada orang lain melalui persatuan kita dalam pelayanan kebenaran-Nya.

Teman-teman yang terkasih, saya dengan hormat meminta kepada Anda dan karya Konferensi Anda curahan karunia-karunia kebijaksanaan, pengertian dan nasihat yang baik dari Roh Kudus. Hanya tatapan Roh yang memungkinkan kita untuk tidak menutup mata terhadap mereka yang menderita dan mencari kebaikan sejati dari semua. Hanya dengan tatapan itu kita dapat bekerja secara efektif untuk mengatasi penyakit rasisme, ketidakadilan, dan ketidakpedulian yang merusak wajah keluarga kita. Melalui dedikasi dan pekerjaan sehari-hari Anda, semoga Anda membantu orang lain untuk merenungkan situasi dan orang-orang dengan mata Roh. Di mana dunia kita terlalu siap berbicara dengan kata sifat dan kata keterangan, semoga komunikator Kristiani berbicara dengan kata objek benda yang mengakui dan memajukan pengakuan kebenaran yang tenang dan memajukan martabat manusia. Di mana dunia melihat konflik dan perpecahan, semoga Anda memperhatikan penderitaan dan kemiskinan, dan memberikan suara untuk permohonan saudara-saudari kita yang membutuhkan belas kasihan dan pengertian.

Kemarin Gereja merayakan Hari Raya Rasul Petrus dan Paulus. Semoga semangat persekutuan dengan Uskup Roma, yang selalu menjadi ciri khas pers Katolik di negara Anda, membuat Anda semua tetap bersatu dalam iman dan tahan terhadap mode budaya yang singkat yang tidak memiliki aroma kebenaran evangelis. Mari kita terus berdoa bersama untuk rekonsiliasi dan perdamaian di dunia kita. Saya meyakinkan Anda tentang dukungan dan doa saya untuk Anda dan keluarga Anda. Dan saya memohon kepada Anda, untuk mengingat saya dalam doa Anda masing-masing.

 

Dari Vatikan, 30 Juni 2020

Fransiskus

 

[Foto utama: Paus Fransiskus saat konferensi pers dalam pesawat (Vatikan Media)]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s