#kirimpelukanmu #sendyourhug

Vatikan meluncurkan kampanye #kirimpelukanmu #sendyourhug untuk mendukung para lansia

Dikasteri untuk Kaum Awam, Keluarga, dan Kehidupan meneruskan undangan Paus Fransiskus kepada orang-orang muda untuk menunjukkan kedekatan kepada para lansia yang mengalami kesepian akibat berbagai pembatasan Covid-19.

Paus Fransiskus pada hari Minggu (26/07/20) mengundang orang-orang muda di seluruh dunia untuk melakukan “gerakan kelembutan” terhadap para lansia, karena banyak dari mereka yang terpaksa diasingkan untuk mematuhi pedoman kesehatan Covid-19.

Dikasteri untuk Kaum Awam, Keluarga, and Kehidupan – Vatikan dengan cepat menjawab panggilan itu dan meluncurkan kampanye “Para lansia adalah kakek-nenekmu”.

Kebaikan bagi orang tua

Dalam sebuah komunike yang dirilis pada hari Senin, Dikasteri mengundang orang-orang muda “untuk melakukan sesuatu yang menunjukkan kebaikan dan kasih sayang bagi orang tua yang mungkin merasa kesepian.”

“Pandemi telah menghantam lansia dengan sangat keras dan telah memutus hubungan yang sudah lemah antar generasi,” demikian bunyi pernyataan itu. “Namun, menghormati aturan jarak sosial tidak berarti menerima nasib begitu saja akan kesepian dan pengabaian.”

Mengurangi kesepian mereka

Dikasteri untuk Kaum Awam, Keluarga, dan Kehidupan mengenangkan contoh orang-orang yang menghubungi lansia melalui panggilan telepon dan internet, dengan beberapa bahkan melakukan pertunjukan yang menghibur kepada penghuni panti jompo.

“Kaum muda,” kata pembicara, “telah melakukan ini untuk membantu meringankan kesepian yang dirasakan oleh banyak orang yang diharuskan oleh karena pandemi ini untuk tinggal di rumah atau tetap terkurung di fasilitas perawatan perumahan.”

Kirimkanlah pelukan

Karena peraturan kesehatan tetap berlaku di banyak daerah untuk melindungi para orang tua, Dikasteri mendorong kaum muda Katolik untuk mengirimkan pelukan mereka kepada orang-orang tua di paroki atau lingkungan mereka yang mungkin mengalami kesepian.

Mereka dapat melakukannya melalui telepon, panggilan video, atau dengan mengirim gambar.

“Sedapat mungkin – atau kapan pun, JIKA MEMUNGKINKAN dengan protokol keamanan kesehatan – kami mengundang kaum muda untuk membuat pelukan ini semakin nyata dengan mengunjungi lansia secara langsung.”

Bagikan di media sosial

Kaum muda didorong untuk membagikan upaya penjangkauan mereka di media sosial dengan memasukkan tagar #sendyourhug atau #kirimkanpelukanmu di postingan tersebut.

Posting terbaik akan dibagikan di akun media sosial Dikasteri untuk Kaum Awam, Keluarga, dan Kehidupan (Dicastery for Laity, Family and Life) @laityfamilylife.

 

Oleh Devin Watkins – Vatican News
BN-KKI

 

Baca juga ajakan Paus Fransiskus disini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s