Pidato Bapa Suci Paus Fransiskus kepada Anggota Yayasan Farmasi “Banco”

Pidato Bapa Suci Paus Fransiskus

kepada Anggota Yayasan Farmasi “Banco”

Aula Paulus VI

Sabtu, 19 September 2020


Saudara dan saudari terkasih, selamat pagi!

Saya menyambut Anda sekalian. Saya berterima kasih kepada Presiden Banco Farmaceutico Foundation atas keramah tamahan yang dia tujukan kepada saya. Beliau mengingatkan, tahun ini menandai ulang tahun kedua puluh kelahiran Banco Farmaceutico: semoga sukses! Dari intuisi awal itu, perjalanan panjang telah dilakukan. Selain hadir di Italia, Yayasan Anda juga beroperasi di negara lain.

Mereka yang hidup dalam kemiskinan, miskin dalam segala hal, bahkan obat-obatan, dan karenanya kesehatan mereka lebih rentan. Terkadang Anda menghadapi risiko tidak dapat memperoleh pengobatan karena kekurangan uang, atau karena beberapa orang di dunia tidak memiliki akses ke obat-obatan tertentu. Ada juga “marjinalitas farmasi”, dan ini harus kita katakan. Ini menciptakan jurang yang lebih jauh antara bangsa satu dengan bangsa lain. Pada tataran etis, bila ada kemungkinan menyembuhkan suatu penyakit dengan obat, hal ini harus tersedia untuk semua orang, jika tidak maka akan menimbulkan ketidakadilan. Terlalu banyak orang, terlalu banyak anak yang meninggal di dunia karena mereka tidak dapat memiliki obat yang hanya tersedia di wilayah lain, atau vaksin itu. Kita tahu bahaya globalisasi ketidakpedulian. Saya bahkan mengusulkan untuk mengglobalisasi obatnya, yaitu kemungkinan akses ke obat-obatan yang dapat menyelamatkan begitu banyak nyawa untuk seluruh populasi. Dan untuk melakukan ini kita membutuhkan upaya bersama, konvergensi yang melibatkan semua orang. Dan Anda adalah contoh dari upaya bersama ini.

cq5dam.web.800.800 (3)

Saya berharap penelitian ilmiah dapat berkembang untuk menemukan solusi baru untuk masalah lama dan baru. Karya banyak peneliti sangat berharga dan merupakan contoh yang luar biasa tentang bagaimana studi dan kecerdasan manusia mampu menumbuhkan, sejauh mungkin, jalur baru penyembuhan dan perawatan.

Perusahaan farmasi, dengan mendukung penelitian dan mengarahkan produksi, dapat dengan murah hati berkontribusi pada distribusi obat yang lebih adil.

Apoteker dipanggil untuk memberikan layanan perawatan yang dekat dengan mereka yang paling membutuhkan, dan dalam sains dan hati nurani mereka bekerja untuk kebaikan integral mereka yang berpaling kepada mereka.

Bahkan para penguasa, melalui pilihan legislatif dan keuangan, dipanggil untuk membangun dunia yang lebih adil, di mana orang miskin tidak ditinggalkan atau, lebih buruk lagi, ditelantarkan.

cq5dam.web.800.800 (4)

Pengalaman pandemi baru-baru ini, selain keadaan darurat kesehatan yang parah di mana hampir satu juta orang telah meninggal, berubah menjadi krisis ekonomi yang serius, yang masih menimbulkan kemiskinan dan banyak keluarga yang tidak tahu bagaimana melangkah maju. Sementara bantuan amal diberikan, ini juga merupakan masalah memerangi kemiskinan farmasi, khususnya dengan penyebaran vaksin baru yang luas di dunia. Saya ulangi bahwa akan sangat menyedihkan jika dalam pemberian vaksin ini diutamakan kepada yang terkaya, atau jika vaksin ini menjadi milik negara ini atau itu, dan tidak lagi untuk semua orang. Itu harus universal, untuk semua.

Teman-teman terkasih, terima kasih banyak atas layanan yang Anda berikan untuk yang paling lemah. Terima kasih atas apa yang Anda lakukan. Hari Pengumpulan Obat adalah contoh penting tentang bagaimana kemurahan hati dan berbagi barang dapat meningkatkan masyarakat kita dan menjadi saksi kasih itu sendiri dalam kedekatan yang dituntut dari kita oleh Injil (lih. Yoh 13:34). Saya memberkati Anda semua yang hadir di sini, keluarga Anda. Saya memberkati dan memohon kepada Tuhan untuk memberkati Anda semua yang, seperti dikatakan Presiden, berbeda-beda agama. Tetapi Tuhan adalah Bapa dari semua dan saya meminta: Tuhan memberkati Anda semua, keluarga Anda, pekerjaan Anda, kemurahan hati Anda. Dan, seperti yang biasanya dimohonkan seorang imam, saya meminta Anda untuk mendoakan saya. Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s