Paus menandatangani Ensiklik baru “Fratelli tutti”

Paus menandatangani Ensiklik baru

“Fratelli tutti”

di makam Santo Fransiskus di Assisi


Pada peringatan wafatnya Santo Fransiskus Assisi, Paus Fransiskus merayakan Misa di depan makam Santo dan menandatangani Ensikliknya “Fratelli tutti”.

Paus Fransiskus bertolak pada hari Sabtu (03/10/2020) ke Assisi untuk kelima kalinya selama masa kepausannya. Di sana ia menandatangani Ensiklik Fratelli tutti, di depan makam Santo Fransiskus dari Assisi, setelah merayakan Misa Kudus.

Ensiklik tentang persaudaraan dan persahabatan sosial diilhami oleh Santo Fransiskus, seperti halnya Ensiklik kedua Paus, Laudato si’, tentang perawatan rumah bersama kita, yang diterbitkan lima tahun lalu.

Paus melakukan perjalanan ke Assisi dengan mobil. Dalam perjalanannya, Paus mengunjungi Biara Vallegloria di Spello. Begitu sampai di Assisi, Paus melakukan kunjungan singkat ke Biara Santa Clara dan menyapa para biarawati Clara yang sederhana.

Yang menyambut Paus Fransiskus ketika dia tiba di Assisi adalah: Uskup Assisi-Nocera Umbra-Gualdo Tadino, Domenico Sorrentino; Kardinal Agostino Vallini, wakil kepausan untuk Basilika Santo Fransiskus dan St Mary of the Angels di Assisi; wali dari Biarawan Fransiskan, juga dikenal sebagai Sacro Convento, Pastor Mauro Gambetti; dan Pastor Enzo Fortunato, juru bicara biara Fransiskan.

cq5dam.thumbnail.cropped.750.422 (3)

Sekitar 20 biarawan dan beberapa religius wanita hadir untuk perayaan Misa Kudus yang berlangsung di ruang bawah tanah Basilika abad ke-13 yang menampung jenazah Santo Fransiskus.

Usai pewartaan Injil, Bapa Suci menghabiskan beberapa menit dalam perenungan hening dan kemudian melanjutkan perayaan Misa.

Penandatanganan Ensiklik

Pada penutup Misa, Paus Fransiskus mengundang Mgr Paolo Braida untuk membawa salinan Ensiklik untuk ditandatangani. Dia kemudian menjelaskan bahwa Mgr Braida menangani terjemahan di Bagian Pertama Sekretariat Negara. “Dia mengawasi segalanya”, lanjut Paus. “Inilah mengapa saya ingin dia hadir di sini, hari ini, dan bahwa dia harus membawa Ensiklik itu kepada saya”.

Ia juga memperkenalkan dua orang pastor yang juga bekerja di Bagian Pertama. Pastor Antonio menerjemahkan Encylical ke dalam bahasa Portugis dari bahasa Spanyol aslinya. Pastor Cruz, mengawasi semua terjemahan dari bahasa Spanyol asli.

“Saya melakukan ini sebagai tanda terima kasih kepada seluruh Bagian Pertama Sekretariat Negara yang mengerjakan terjemahan”.

Pada akhir Misa, Paus Fransiskus secara singkat mengunjungi komunitas Fransiskan di biara Sacro Convento yang bertetanggaan di Basilika.

Oleh Sr Bernadette Mary Reis, fsp

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s