Menjadi Saksi Iman di Dalam Hidup

Renungan Harian Misioner
Rabu, 24 November 2020
P. S. Andreas Dung Lac dkk (Martir Vietnam)

Why. 14:14-20; Mzm. 96:10,11-12,13; Luk. 21:5-11

Bacaan I:
Why 14:14-20: Pada akhir zaman, Allah mengutus malaikat-Nya untuk ‘panen’, karena sudah tiba waktunya. Jadi ukuran untuk ‘panen segala waktu’ adalah ‘Allah menentukan bahwa sudah tiba waktunya panen. Artinya: Kehendak Allah, yang memutuskan. Dalam hal ini, dapatlah kita menoleh ke Kitab Kejadian, bahwa awal segala peristiwa bukanlah ‘sesuatu kejadian di luar angkasa’, melainkan ‘Kehendak Allah yang mau menciptakan segalanya’. Bahkan ketika akan menciptakan manusia, langkah yang paling menentukan adalah ‘Marilah menciptakan manusia menurut Citra kita’.

Dari kisah yang dipaparkan kepada kita, menjadi jelaslah, bahwa Allah merupakan awal, isi dan akhir segala sesuatu. Oleh sebab itu, Santo Andreas adalah saksi (martir) sudah sejak ia hidup; bukan baru sesudah kematiannya. Dengan kata lain, kita semua mendapat undangan untuk menjadi saksi (martir) sepanjang hidup sampai dengan kematian; sebelum mencurahkan darah maupun selama dan sesudah mencurahkan darahnya: kita dipanggil untuk menjadi ‘saksi iman’ (martir).

Bacaan Injil:
Lukas 21:5-11: Orang boleh saja mengagumi bangunan materiil Bait Allah, sebagai saksi dari para Leluhur dalam berbakti kepada Allah. Namun perlu diingat, bahwa bagian Bait Allah, yang berupa batu dan segala peninggalan dari persembahan orang itu, adalah hal-hal, yang dapat rusak atau runtuh atau hilang dari permukaan bumi, sehingga tidak dapat lagi ‘dipandang’ (atau ‘didengar’ atau ‘diraba’ atau ‘disentuh’). Di balik semua benda itu, yang menjadi ’saksi sejati’ adalah ‘relasi antara manusia dengan Allah, yang penuh kasih’.

Kembali kepada St. Andreas: dia kita puji sebagai ‘martir’, bukan pertama-tama karena darah yang tercurah sehingga dia mati. St. Andreas menjadi ‘martir’, yakni ‘saksi iman’, karena ‘hidup matinya merupakan kesaksian bahwa iman seorang Murid Kristus nampak dalam kata-kata, perbuatan dan hidup serta matinya: bukanlah peristiwa biologis atau sosial atau ekonomis, politis saja, melainkan wujud cinta kasih habis-habisan’. Kuat atau hancurnya badan seseorang bukanlah tanda terdalam, apakah seseorang menjadi ‘saksi iman pada Allah’.

Bagaimanakah sekarang? Para murid Kristus di masa kini dapat menjadi teman seperjalanan St. Andreas, apabila iman, yang diungkapkan dalam Sakramen Baptis dan Sakramen Ekaristi serta Sakramen Krisma maupun Sakramen lain, dihayati terus sampai ke akhir hayatnya. Sebaliknya, kematiannya yang heroik berisi iman yang mendalam. Marilah kita memohon untuk dapat mewujudkannya pula.

(RP. B.S. Mardiatmadja, SJ – Dosen STF Driyarkara)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Intelegensi artifisial: Semoga kemajuan teknologi robotik dan intelegensi artifisial dapat dikendalikan demi tujuannya yang luhur, yakni melayani dan mengabdi manusia serta kemanusiaan. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Para ayah: Semoga para ayah tetap menginsyafi kewibawaan dan kebijaksanaannya sebagai kepala keluarga di tengah arus sosial yang menggerus kehidupan keluarga zaman ini. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Kami persembahkan seluruh umat di Keuskupan kami untuk bersedia menjadi pejuang keadilan di setiap tempat tinggal dan karyanya. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s