Menjadi Terang Bagi Sesama

Renungan Harian Misioner
Kamis, 31 Desember 2020

P. S. Silvester I
1 Yoh. 2:18-21; Mzm. 96:1-2,11-12,13; Yoh.1:1-18.

Hari ini merupakan penghujung tahun 2020. Ada begitu banyak peristiwa yang kita alami selama tahun ini. Hal-hal baik dan buruk terjadi begitu saja tanpa bisa kita ramalkan. Ditambah lagi dengan situasi yang mencemaskan akibat pandemi ini, banyak dari kita yang dirundung kecemasan dan ketidakpastian. Tahun 2020 memang akan berakhir. Namun bagi kita umat Katolik, yang masih berada dalam suasana Natal, baru saja mengawali tahun liturgi Gereja. Melalui bacaan-bacaan kitab suci Gereja senantiasa mengajak kita untuk selalu berpegang teguh pada iman, pengharapan dan cinta kasih.

“Firman itu telah menjadi manusia, dan diam dintara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran” (Yoh. 1:14). Yesus adalah firman yang menjadi manusia itu. Ia tinggal bersama kita. Bukan 2000 tahun lalu, tetapi hingga detik ini. Ia bukan menjadi ‘seolah-olah’ manusia, tetapi benar-benar manusia. Ketika kita merayakan Natal kita merenungkan kembali misteri Inkarnasi tersebut. Allah senantiasa ada di dalam kehidupan kita, bahkan ditengah situasi yang carut-marut seperti saat ini. “Tetapi dunia tidak mengenal-Nya”; “… orang-orang kepunyaan-Nya itu tidak menerima-Nya” (Yoh. 1:10,11). Dunia hanya mengenal: bagaimana menyelamatkan diri sendiri, bagaimana mengeruk keuntungan dengan berbagai cara, bagaimana mempertahankan kekuasaan walau harus menindas sesama. Itu yang dikenal dunia. Bukan Allah yang menjadi manusia.

Kita pantas bersyukur karena penginjil Yohanes hari ini mengajak memperdalam permenungan kita akan misteri Natal, bahwa Allah selalu hadir dalam hidup kita. Dan melalui pembaptisan kita diangkat menjadi anak-anak-Nya. “Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya.” (Yoh. 1:12). Kita inilah anak-anak Allah. Dengan demikian melalui iman yang terwujud dalam perilaku kita, Allah benar-benar dirasakan kehadiran-Nya oleh orang-orang yang ada di sekitar kita. Sebab selama kita tetap berpegang pada nilai-nilai cinta kasih dan kemanusiaan, kita telah turut membawa terang di dalam situasi yang tampak gelap ini.

Marilah kita memanjatkan syukur kepada Bapa di Surga atas penyelenggaraan-Nya di tahun ini. Dan semoga kita senantiasa terbuka akan tuntunan Roh Kudus, sehingga di tahun yang akan datang, kita senantiasa dibimbing menjadi pengikut Kristus yang berpegang teguh pada iman, pengharapan, dan kasih. Sebab dengan demikian kita telah menjadi anak-anak Terang yang memancarkan sinar kasih Allah pada sesama. Tuhan memberkati.

(Br. Kornelius Glossanto, SX – Misionaris Xaverian)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Hidup doa: Semoga hubungan pribadi kita dengan Yesus Kristus diperkaya oleh Sada Allah dan hidup doa. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Berhati-hati terhadap konsumerisme: Semoga keluarga-keluarga Katolik diberanikan dalam membatasi konsumsinya hanya pada barang-barang yang memang diperlukan, sehingga rela membagikan sebagian miliknya pada mereka yang lebih membutuhkan. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Kami menggabungkan diri dengan Keluarga Kudus Nasaret untuk menggapai keadilan dengan Sang Sahabat, ialah Yesus Kristus, Tuhan kami. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s