Sapaan Paus Fransiskus kepada Delegasi Pusat Solidaritas Fransiskan

Sapaan Bapa Suci Paus Fransiskus

Kepada Delegasi Pusat Solidaritas Fransiskan (Florence)

Aula Clementina

Senin, 1 Maret 2021


Saudara dan saudari terkasih,

Dengan sukacita saya menyambut Anda semua dari Pusat Solidaritas Fransiskan, dan saya berterima kasih kepada Presiden Anda, Maria Eugenia Ralletto, atas kata-kata sambutannya. Kata-kata yang sederhana, kata-kata khas Fransiskan yang dia ucapkan, tetapi benar-benar konsisten: terima kasih.

Selama bertahun-tahun, di kota Florence, Anda telah melaksanakan pelayanan yang berharga untuk mendengarkan dan dekat dengan orang-orang yang berada dalam kondisi ekonomi dan sosial yang sulit: keluarga yang harus menghadapi berbagai macam kesulitan; orang tua atau orang cacat yang membutuhkan dukungan dan pendampingan. Pertama-tama, saya ingin mengucapkan “terima kasih” untuk ini. Di dunia yang cenderung berjalan dengan dua kecepatan, yang di satu sisi menghasilkan kekayaan tetapi, di sisi lain, menghasilkan ketidaksetaraan, Anda adalah pekerjaan bantuan yang efektif, berdasarkan kerja sukarela, dan di mata iman, Anda adalah di antara mereka yang menabur benih Kerajaan Allah.

Faktanya, dengan datang ke dunia dan mengumumkan Kerajaan Bapa, Yesus mendekati luka manusia dengan belas kasih. Dia membuat diri-Nya dekat di atas segalanya dengan orang miskin, dengan mereka yang terpinggirkan dan terbuang; Ia menjadi dekat dengan yang putus asa, ditinggalkan dan tertindas. Marilah kita mengingat kata-kata-Nya: “Aku lapar dan kamu memberi Aku makanan, Aku haus dan kamu memberi Aku minum, […] Aku telanjang dan kamu memberi saya pakaian” (Mat 25:35-36). Jadi, Kristus telah mengungkapkan hati Tuhan kepada kita: Dia adalah Bapa yang ingin menjaga: Tuhan adalah Bapa yang ingin menjaga kita semua; membela dan memajukan martabat masing-masing putra dan putri-Nya, dan yang memanggil kita untuk membangun kondisi manusia, sosial dan ekonomi sehingga tidak ada yang dikecualikan atau diinjak-injak pada hak-hak dasarnya, tidak ada yang menderita kekurangan roti materi atau dari kesepian.

Dalam karya ini Anda diilhami oleh kesaksian cemerlang Santo Fransiskus dari Assisi, yang mempraktikkan persaudaraan universal dan “di mana-mana menabur perdamaian dan berjalan bersama orang miskin, yang ditinggalkan, yang sakit, yang ditolak, yang terkecil” (Ens. Fratelli tutti, 2). Berupaya mengikuti teladannya, Anda telah menjalankan layanan ini selama hampir empat puluh tahun, yang merupakan tanda harapan konkret, dan juga pertanda kontradiksi dalam kesibukan kota, di mana banyak menemukan diri mereka sendiri dengan kemiskinan dan penderitaan. Sebuah tanda yang membangkitkan hati nurani yang tertidur dan mengundang kita untuk keluar dari ketidakpedulian, untuk memiliki belas kasih bagi mereka yang terluka, untuk membungkuk dengan kelembutan terhadap mereka yang dihancurkan oleh beban hidup. Dan kita telah mengucapkan tiga kata yang merupakan gaya Tuhan: kedekatan – Tuhan mendekat -, kasih sayang dan kelembutan. Ini adalah gaya Tuhan dan ini harus menjadi gaya Anda. Kedekatan, kasih sayang, dan kelembutan.

Teman-teman yang terkasih, lanjutkan dengan keberanian dalam pekerjaan Anda! Saya memohonkan pada Tuhan agar mendukung kita semua, karena kita tahu bahwa hati kita yang baik dan kekuatan manusia kita tidaklah cukup. Sebelum hal-hal yang harus dilakukan dan di luar ini, ketika kita dihadapkan dengan orang miskin kita dipanggil untuk cinta yang membuat kita merasakan saudara dan saudari kita; dan ini dimungkinkan berkat Kristus, yang hadir tepat di dalam diri orang tersebut. Saya meyakinkan Anda tentang doa-doa saya agar Tuhan, melalui perantaraan Santo Fransiskus, akan selalu membuat Anda bersukacita dalam melayani, sukacita dalam pendekatan Anda, sukacita memiliki belas kasih, sukacita melakukan segala sesuatu dengan kelembutan. Dan mohon doakan saya juga. Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s