Pengorbanan Kristus Selamatkan Kita Semua

Renungan Harian Misioner
Sabtu Prapaskah V, 27 Maret 2021
P. S. Nikodemus

Yeh. 37:21-28; MT Yer. 31:10,11-12ab,13; Yoh. 11:45-56

Bacaan Injil hari ini mengajak kita merenungkan kisah dibalik sengsara Yesus. Imam-imam kepala dan orang-orang Farisi merasa terancam dengan keberadaan Yesus dan ingin sekali menyingkirkan-Nya. Jika kita membaca perikop Injil hari ini, ada kisah lain yang mendahului, yakni kisah Yesus membangkitkan Lazarus, saudara Maria dan Marta. Mereka adalah sahabat-sahabat Yesus. Dan mukjizat Yesus tersebut, yakni membangkitkan Lazarus yang telah meninggal, membuat banyak orang percaya kepada-Nya. Inilah yang membuat keberadaan Yesus menjadi ancaman bagi imam-imam dan orang Farisi. Ketakutan akan kehilangan Bait Allah dan kehadiran bangsa Romawi membuat mereka harus bertindak.

“…bahwa lebih berguna bagimu, jika satu orang mati untuk bangsa kita daripada seluruh bangsa kita ini binasa”, demikian dikatakan Imam Besar Kayafas. Yesus hendak mereka korbankan demi menyelamatkan bangsa Israel. Namun tanpa ia sadari, Kayafas sebenarnya mengatakan sebuah nubuat, yang terbukti benar bahwa Yesus akan menyelamatkan banyak orang. Sebuah kesepakatan untuk menyingkirkan Yesus yang bermula dari ketakutan sekolompok orang akan kedudukan dan posisi mereka dalam masyarakat, rupanya memiliki makna yang lebih besar dalam karya keselamatan Allah.

Mungkin seringkali kita juga bertindak seperti imam-imam kepala dan orang Farisi. Ketakutan akan kehilangan kedudukan, posisi, status, dapat menjadikan kita buta sehingga tidak mampu melihat rencana Allah dalam hidup kita. Ketakutan kita membuat kita menolak kasih Allah sendiri yang nyata dalam orang-orang yang ada di sekitar kita. Malahan tidak jarang kita justru mengorbankan hal yang paling berharga, yakni kemampuan hati kita untuk mencintai. Alih-alih ikut berbahagia akan kesuksesan orang lain, kita memilih untuk iri dan cemburu. Ketika kita seharusnya mampu mengampuni namun kita memilih menyimpan dendam dan amarah.

Saudara-saudari yang terkasih, rencana keselamatan Allah tidak pernah berubah. Penolakan dan kedosaan kita tidak sedikitpun mengurangi kasih-Nya atas diri kita. Yang kita perlukan adalah menyadari bahwa meskipun kita telah seringkali menolak kasih-Nya, Allah senantiasa akan menunjukkan cinta-Nya atas kita. Maka marilah kita mohon Roh Kudus agar kita mampu dengan rendah hati menyesali segala penolakan kita. Sehingga kita mampu menerima dengan penuh syukur rahmat pengampunan yang selalu ditawarkan Bapa melalui Yesus Kristus. Tuhan memberkati.

(Br. Kornelius Glossanto, SX – Missionaris Xaverian)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Sakramen rekonsiliasi: Marilah kita berdoa agar melalui sakramen rekonsiliasi, kita membarui diri lebih dalam, sehingga dapat merasakan belaskasih Allah yang tiada batasnya. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Perhatian pada yang pokok: Semoga umat Katolik selalu belajar untuk lebih memperhatikan hal-hal yang pokok, baik jiwa maupun raga. Kami mohon…

Ujud Khusus Tahun Santo Yoseph:

Dalam bulan yang dipersembahkan kepada Santo Yoseph ini, izinkanlah kami mendapat Roh, yang terbuka untuk mendengarkan Kehendak-Mu, supaya dapat mengabdi Keluarga Kudus. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s