Mintalah Rahmat Iman

Renungan Harian Misioner
Jumat Prapaskah V, 26 Maret 2021
P. S. Ireneus dr Sirmium

Yer. 20:10-13; Mzm. 18:2-3a,3bc-4,5-6,7; Yoh. 10:31-42

Bacaan-bacaan Injil yang kita renungkan dalam minggu ini menunjukkan kepada kita bahwa perselisihan antara Yesus dengan orang-orang Yahudi semakin menajam. Dalam bacaan hari ini dikatakan orang-orang Yahudi mau melempari Yesus dengan batu (ay. 31). Apa alasannya? Orang-orang Yahudi memberi jawaban kepada Yesus, “Bukan karena pekerjaan suatu pekerjaan baik maka kami mau melempari Engkau, melainkan karena Engkau menghujat Allah dan karena Engkau, sekalipun hanya seorang manusia saja, menyamakan diri-Mu dengan Allah” (ay. 33). Setelah mendengar jawaban itu, Yesus mencoba menjelaskan dengan berbagai cara bahwa Bapa di dalam Dia dan Dia di dalam Bapa. Namun hasilnya nol, orang-orang Yahudi tetap tidak mau percaya, “Sekali lagi mereka mencoba menangkap Dia” (ay. 39).

Kisah ini menantang kita untuk bertanya pada diri sendiri: sudahkan kita percaya bahwa Yesus adalah sungguh-sungguh Anak Allah? Bila iman kita masih kecil, kita perlu memohon kepada Tuhan Yesus seperti yang dilakukan para murid Yesus, “Tambahkanlah iman kami!” (Luk 17:5). Bila kita sudah sungguh-sungguh percaya, kita mempunyai tugas juga untuk mewartakan-Nya. Kalau tidak ada yang mewartakan-Nya bagaimana orang-orang bisa mengenal-Nya? Sampai saat ini banyak orang tidak percaya bahwa Yesus adalah Anak Allah. Ide bahwa Yesus di dalam Bapa dan Bapa di dalam Dia, memang sulit dipahami kalau hanya mengandalkan pikiran manusia semata. Untuk memahaminya dibutuhkan rahmat istimewa dari Allah, “Tidak ada seorangpun dapat datang kepada-Ku, kalau Bapa tidak mengaruniakannya kepadanya” (Yoh. 6: 65). Inilah pentingnya berdoa mohon rahmat dari Allah supaya menganugerahkan iman kepada semakin banyak orang untuk percaya kepada Yesus. Ini adalah tugas kita semua sebagai orang yang sudah percaya kepada Kristus!

Di hari-hari menjelang perayaan Paskah ini kita berdoa secara khusus bagi para katekumen yang sedang mempersiapkan diri menerima pembaptisan pada malam Paskah, semoga mereka menerima rahmat iman yang besar agar kelak menjadi pewarta-pewarta Injil yang penuh semangat!

(RP. Yakobus Sriyatmoko, SX – Magister Novis Serikat Xaverian di Wisma Xaverian Bintaro, Tangerang)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Sakramen rekonsiliasi: Marilah kita berdoa agar melalui sakramen rekonsiliasi, kita membarui diri lebih dalam, sehingga dapat merasakan belaskasih Allah yang tiada batasnya. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Perhatian pada yang pokok: Semoga umat Katolik selalu belajar untuk lebih memperhatikan hal-hal yang pokok, baik jiwa maupun raga. Kami mohon…

Ujud Khusus Tahun Santo Yoseph:

Dalam bulan yang dipersembahkan kepada Santo Yoseph ini, izinkanlah kami mendapat Roh, yang terbuka untuk mendengarkan Kehendak-Mu, supaya dapat mengabdi Keluarga Kudus. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s