Sabda ALLAH Sabda Kehidupan Sejati

Renungan Harian Misioner
Sabtu Pekan III Paskah, 24 April 2021
P. S. Fidelis dr Sigmaringen

Kis. 9: 31-42; Mzm. 116:12-13, 14-15, 16-17; Yoh. 6:60-69.

Hari ini dalam Injil kita mendengar kisah bagaimana sejumlah murid Yesus mengundurkan diri dan tidak mengikuti Yesus lagi. Kita mungkin berpikir, bagaimana mungkin hal itu bisa terjadi? Mengapa mereka menolak Yesus yang telah menunjukkan banyak mukjizat dan mengajar dengan penuh kuasa? Bagaimana mereka tidak percaya bahwa Yesus adalah Mesias? Bahwa Yesus adalah Putra Allah yang Tunggal? Memang kita bisa saja berpikiran demikian. Namun perlu kita sadari pula, bahwa pada masa itu orang-orang-pun memiliki pemikiran tersendiri mengenai siapa Yesus itu.

Bisa kita bayangkan seorang yang hidupnya lurus dan mengerti banyak hal mengenai ajaran agama menyatakan bahwa dirinya ‘roti hidup yang turun dari sorga’? Ditambah lagi perkataan bahwa dengan makan dagingnya seseorang akan memperoleh hidup kekal? Jelas hal ini merupakan perkataan yang sulit dipahami pada masa itu. Biarpun yang dimaksud Yesus adalah bahasa simbol, pemikiran setiap orang tidaklah sama. Bagi kita orang beriman, memahami ajaran Yesus dan mengembangkan iman kita semata-mata bukanlah karena kemampuan penalaran kita pribadi. Kita percaya bahwa Allah sendiri melalui Roh Kudus sangat berperan penting menumbuhkan iman kita akan Yesus. “Tidak seorangpun datang kepada-Ku kalau Bapa tidak mangurniakannya kepadanya.” (Yoh. 6:65)

Injil hari ini mengajak kita untuk menyadari peran Roh Kudus yang dianugerahkan kepada kita. Bahwa beriman bukanlah usaha manusiawi semata. Sebagai orang Kristiani kita percaya bahwa Allah menciptakan kita sesuai dengan citra-Nya. Kita percaya bahwa dalam diri kita yang fana ini, Allah mengaruniakan Diri-Nya sendiri. Oleh sebab itu kita mampu merasakan, mengenali, dan mendengarkan bisikan-Nya dalam diri kita. Karena Roh Kudus itu pula kita sanggup berkata seperti Petrus ketika muncul godaan dan kebimbangan mengenai siapa Yesus itu bagi kita. “Tuhan, kepada siapakah kami akan pergi? Perkataan-Mu adalah perkataan hidup yang kekal; dan kami telah percaya dan tahu, bahwa Engkau adalah Yang Kudus dari Allah.” (Yoh. 6:68-69)

Maka marilah kita senantiasa dengan penuh kesabaran dan kerendahan hati membuka diri kepada bimbinga Roh Kudus, dan memohon Roh Pengenalan akan Allah. Dengan demikian kita berharap akan selalu diteguhkan dalam iman akan Kristus dalam hidup kita sehari-hari mewujudkan Kerajaan Cinta Kasih Allah. Tuhan memberkati.

(Br. Kornelius Glossanto, SX – Misionaris Xaverian)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Hak asasi: Kita berdoa bagi mereka yang mempertaruhkan hidupnya dengan memperjuangkan hak asasi di bawah kepemimpinan yang diktator, rezim otoriter dan bahkan negara demokrasi yang sedang krisis. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Para petugas bidang kesehatan: Semoga para petugas medis dan para peneliti bidang kesehatan dikaruniai keutamaan untuk selalu waspada, siap sedia, serta rela menolong sesama, terlebih dalam situasi darurat kesehatan. Kami mohon…

Ujud Khusus Tahun Santo Yoseph:

Perkenankanlah kami dilimpahi rahmat, seperti Santo Yoseph, untuk mengimani Sang Putera, yang diutus untuk memulihkan Kerajaan Allah, sampai menderita, Wafat dan Bangkit melampaui segala kenyamanan dunia. Kami mohon…

Amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s