Tetap Setia untuk Bersaksi

Renungan Harian Misioner
Kamis, 13 Mei 2021
HARI RAYA KENAIKAN TUHAN

Kis. 1:1-11; Mzm. 47:2-3,6-7,8-9; Ef. 1:17-23 atau Ef. 4:1-13 (panjang) atau Ef. 4:1-7,11-13 (lebih singkat); Mrk. 16:15-20

Misi: Menjadi pengikut Kristus berarti menjalankan perintah Kristus untuk memberi kesaksian tentang kuasa, kasih serta kemuliaan Kristus.

Para sahabat misioner yang terkasih dalam Kristus.
Hari ini Gereja merayakan Hari Raya Kenaikan Tuhan, masih dalam suasana Pandemic Covid-19. Kita masih sedang menghadapi ujian iman yang belum tahu kapan masa berakhirnya.

Hari ini, sentuhan Sabda Allah melalui Kisah Para Rasul, Surat Paulus kepada Jemaat di Efesus serta Injil Matius dapat dikemas dalam tema “Setia melaksanakan Perintah Kristus”. Pada Kisah para Rasul Yesus memberi perintah agar para Murid-Nya tidak meninggalkan Yerusalem sambil menantikan janji Allah Bapa, menerima kuasa serta memberi kesaksian. Sementara pada suratnya kepada Jemaat di Efesus, Paulus menegaskan tentang kuasa Yesus yang tak tergugatkan, tak terbatalkan, tak terbandingkan dan tak tertandingi. Dan Pada Injil Matius hari ini Yesus mengulangi perintah-Nya, agar para murid-Nya harus memberi kesaaksian, menjadikan semua bangsa murid-murid-Nya, dengan memberi pembaptisan dalam nama Bapa, Anak dan Roh Kudus. Yesus tidak sekadar memberi Perintah melainkan meletakkan pada setiap murid-Nya Kuasa serta penyertaan-Nya yang senantiasa.

Para sahabat misioner yang terkasih.
Perayaan Hari Kenaikan Tuhan yang kita rayakan sekarang mengajak kita untuk tetap setia dalam pengharapan yang pasti akan pemenuhan Janji Allah Bapa, membuka diri untuk menerima Kuasa Kristus serta menjalankan perintah-Nya untuk menjadi saksi sesuai dengan panggilan hidup serta karya kita masing-masing. Yesus menghendaki agar kita tidak ragu, tidak cemas dan panik, melainkan tetap berada dalam lingkup kesetiaan iman kita.

Maka hendaknya kita membuka diri pada kuasa Kristus yang tak terbatalkan dan terkalahkan lalu bersedia tanpa takut melaksanakan Perintah-Nya yakni tetap bertekun dan memberi kesaksian tentang Kristus dan Kerajaan Allah, demi membawa banyak orang kepada Kristus untuk mengalami keselamatan.

Para sahabat misioner yang terkasih.
Yesus tidak mengatakan agar kita terus menatap ke langit, melainkan kita hendaknya membawa pengalaman akan kuasa serta kemuliaan Kristus untuk menatap secara cermat kenyataan kita sekarang sembari menggunakan kuasa serta kasih Kristus untuk menemukan cara bagaimana kita harus melaksanakan Perintah Kristus yakni memberi kesaksian agar semakin banyak orang boleh: mengenal, mencintai dan memuliakan Allah, serta masuk dalam kemuliaan Allah.

Dalam situasi serta kenyataan sekarang ini, adalah benar bahwa kita harus memandang kemuliaan Kristus dan melihat keagungan-Nya, namun kita hendaknya kembali pada realitas kita, tugas serta tanggungjawab iman kita yakni: mengokohkan kesetiaan iman, melaksanakan Perintah Kristus dalam hidup serta karya kita sehari-hari sehingga semakin banyak orang mengalami kasih dan keagungan Allah.

Satu hal yang tidak bisa kita sangkal yakni: kita akan berhadapan dengan berbagai tantangan, kebencian bahkan ancaman yang tidak enteng diatasi. Namun mari kita berpegang pada penegasan iman dari Rasul Paulus bagi jemaat di Efesus: “Yesus memiliki kekuatan serta daya kuasa dari Allah… Kristus juga lebih tinggi dari segala pemerintahan dan penguasa”.

Kita juga berpegang pada janji Kristus bahwa Dia tidak pernah hanya memberi kuasa serta perintah, Diapun menegaskan untuk senantiasa menyertai kita hingga akhir zaman.

Dengan demikian, sebagai pengikut Kritus, kita mengangkat hati dan seluruh hidup kita untuk menatap kemuliaan Allah lalu membawa kemuliaan Allah ke dalam perjalanan hidup kita sehari-hari sembari tanpa henti bersaksi tentang Kristus dan Kerajaan Allah.

(RP. Hiasintus Ikun, CMF – Dirdios KKI Keuskupan Palangkaraya)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Dunia Keuangan: Marilah kita berdoa bagi mereka yang bertanggung jawab dalam keuangan agar bekerja sama dengan pemerintah untuk mengatur bidang keuangan dan melindungi warga dari bahaya. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Para buruh: Semoga pemerintah dan pengusaha dapat segera menemukan jalan untuk mengatasi krisis pengangguran dan berusaha untuk sedapat mungkin mencegah terjadinya Pemutusan Hubungan Kerja. Kami mohon…

Ujud Khusus Tahun Santo Yoseph:

Sudilah menjadikan Santo Yoseph pelindung para pekerja kami, sehingga mampu melaksanakan tugas mereka dalam keluarga dan masyarakat luas, sehingga menemukan kebahagiaan dalam tugas mereka. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s