ALLAH Senantiasa Menyertai Umat-Nya

Renungan Harian Misioner
Sabtu Pekan Paskah VII, 22 Mei 2021
P. S. Rita dr Cascia

Kis. 28:16-20,30-31; Mzm. 11:4,5,7; Yoh. 21:20-25

Hari ini kita hendak tiba di penghujung pekan ke-7 Paskah. Bacaan Kitab Suci mengajak kita merenungkan kisah perjalanan Paulus dan juga penampakan Yesus kepada para Rasul setelah kebangkitan-Nya. Kisah-kisah tersebut ingin menyadarkan kepada kita umat Kristiani, bahwa Allah senantiasa menyertai umat-Nya dalam peziarahan di dunia ini.

Dalam bacaan pertama, kita mendengar Paulus yang berkeliling mengunjungi jemaat perdana dan tanpa lelah mewartakan kabar sukacita Kerajaan Allah dan Yesus Kristus. Meskipun pengajaran Paulus dipenuhi dengan semangat berkobar dan disertai mukjizat-mukjizat, tidak semua orang sanggup menerima kabar gembira tersebut. Bahkan penolakan dari bangsanya sendiripun tak jarang dialaminya. Namun Paulus tidak berputus asa dan semangatnya tak kunjung surut. Roh Kudus sendiri yang menuntunnya hingga sanggup melalui beragam rintangan dalam perjalananya berkeliling mewartakan Injil. Jika kita mengandalkan bimbingan Roh Kudus dalam hidup kita, apapun yang kita hadapi tidak akan memadamkan iman kita. Malahan Tuhan dengan caranya akan selalu menunjukkan kepada kita bahwa Ia tidak pernah jauh dari hidup kita.

Bacaan Injil juga memberikan kesaksian yang sama. Kepada Petrus, sekali lagi Yesus mengatakan, “Ikutlah Aku”. Sebagai manusia memang kita tidak pernah luput dari rasa ingin tahu. Kita mempertanyakan banyak hal mengenai hidup kita. Mengapa situasi sulit menimpa kita? Mengapa hal tersebut tidak menimpa orang lain? Mengapa kendati kita berbuat baik namun kita mendapatkan balasan yang sebaliknya? Dan masih banyak pertanyaan lain. Dalam perjuangan kita memahami hal itu, Yesus juga mengatakan kepada kita, “Ikutlah Aku.”

Menjadi pengikut Kristus, sejak zaman para rasul dan jemaat perdana, memanglah tidak selalu diwarnai dengan hal-hal indah. Namun satu hal yang pasti, Yesus senantiasa menyertai kita. Itu janji-Nya dan itulah kebenaran iman kita. Bahkan setelah Yesus naik ke surga, Ia menjanjikan penghibur yakni Roh Kudus sendiri yang akan menuntun kita dan seluruh umat Allah kepada sukacita Injili. Maka marilah kita memohon dengan rendah hati agar kepada masing-masing dari kita dicurahkan Roh Kudus itu. Roh itulah yang akan mengobarkan iman kita, menerangi keraguan kita, dan menuntun langkah kita menapaki peziarahan di dunia ini. Marilah kita mohon kepada Bapa di surga, agar esok, di hari Pentakosta, sekali lagi Roh Kudus yang sama dicurahkan atas kita dan memampukan kita meneladan Yesus Kristus. Tuhan memberkati.

(Br. Kornelius Glossanto, SX – Missionaris Xaverian)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Dunia Keuangan: Marilah kita berdoa bagi mereka yang bertanggung jawab dalam keuangan agar bekerja sama dengan pemerintah untuk mengatur bidang keuangan dan melindungi warga dari bahaya. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Para buruh: Semoga pemerintah dan pengusaha dapat segera menemukan jalan untuk mengatasi krisis pengangguran dan berusaha untuk sedapat mungkin mencegah terjadinya Pemutusan Hubungan Kerja. Kami mohon…

Ujud Khusus Tahun Santo Yoseph:

Sudilah menjadikan Santo Yoseph pelindung para pekerja kami, sehingga mampu melaksanakan tugas mereka dalam keluarga dan masyarakat luas, sehingga menemukan kebahagiaan dalam tugas mereka. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s