Menjadi Pembawa Kabar Gembira

Renungan Harian Misioner
Senin, 31 Mei 2021
Pesta SP Maria Mengunjungi Elisabet

Zef. 3:14-18a atau Rm. 12:9-16b; MT Yes. 12:2-3,4-bcd,5-6; Luk. 1:39-56

Penjelmaan adalah langkah penting Sang Putera memasuki dunia manusia. Bagian pertamanya adalah Perawan Maria. Dan kita melihat di sini, Maria sebagai manusia biasa, yaitu Perawan muda, yang mengetahui dirinya ‘dititipi Anak oleh Tuhan’ dan lalu mendengar bahwa saudarinya yang lama menunggu anak, ternyata dititipi anak juga oleh Tuhan. Suatu partisipasi kegembiraan normal antara dua perempuan. Itulah komunitas manusiawi, yang menjadi tempat kedatangan Sang Putera. Kita ingin ikut mengambil bagian di dalamnya.

BACAAN PERTAMA: Zef. 3:14-18a
Pilihan bacaan ingin mengajak kita bersuka cita dengan Elisabet (yang lama menantikan karunia anak, dan sekarang diberi). Betapa Allah berbagi sukacita dan menganugerahkan kegembiraan kepada lingkungan keluarga Bunda Maria. Sebenarnya peristiwa itu merupakan ‘tanda dan sarana’ dari karunia cinta kasih, yang disediakan oleh Allah dengan Penjelmaan Sang Putera, hal yang merupakan silih bagi duka cita dosa dari Kitab Kejadian. Dengan kata lain, penebusan juga membawa kegembiraan manusiawi.

Refleksi: Percayakah kita bahwa Allah pasti memberikan sukacita manusiawi di tengah segala jenis dukacita?

BACAAN KEDUA: Rm. 12:9-16b
Dalam bacaan kedua ini, Paulus mengajak kita tidak hanya bergembira dalam hati secara ROHANI, melainkan juga secara manusiawi, – ya seperti kegembiraan kekeluargaan antara Maria dan Elisabet. Penjelmaan memang memadukan karunia rohani dengan karunia manusiawi. Oleh sebab itu Paulus mengajak murid-muridnya untuk mengucapkan berkat bagi mereka yang ada di sekitar mereka; termasuk yang ‘TIDAK SUKA DENGAN MEREKA’. Hal itu memang Ajaran Tuhan Yesus bagi semua murid-Nya.

Refleksi: siapakah saja orang-orang yang kita KASIHI? Saudari-saudara kita? Juga MEREKA yang tidak suka dengan kita?

BACAAN INJIL: Luk. 1:39-56
Kunjungan Maria kepada Eisabet bukanlah sekedar kunjungan dan perjumpaan dua saudari, tetapi lebih jauh lagi “kunjungan Sang Putera kepada Yohanes Pembaptis dalam Bunda masing-masing”. Injil disebut Evangelium karena merupakan Kabar Gembira lahir-batin. Oleh sebab itu, Maria sampai tiga bulan bersama Elisabet. Kadang kala, cinta kasih diluapkan dengan kegembiraan, sampai ‘tidak habis-habisnya’. Begitulah, Kabar Gembira dari surga juga.

Refleksi: ingat-ingatlah, kabar-kabar gembira yang pernah diberikan Tuhan. Pernahkah kita membawakan Kabar Gembira bagi orang lain? Bagi keluarga? Teman? suku? bangsa? Syukurilah seluruh Kabar Gembira Ilahi.

(RP. B.S. Mardiatmadja, SJ – Dosen STF Driyarkara)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Dunia Keuangan: Marilah kita berdoa bagi mereka yang bertanggung jawab dalam keuangan agar bekerja sama dengan pemerintah untuk mengatur bidang keuangan dan melindungi warga dari bahaya. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Para buruh: Semoga pemerintah dan pengusaha dapat segera menemukan jalan untuk mengatasi krisis pengangguran dan berusaha untuk sedapat mungkin mencegah terjadinya Pemutusan Hubungan Kerja. Kami mohon…

Ujud Khusus Tahun Santo Yoseph:

Sudilah menjadikan Santo Yoseph pelindung para pekerja kami, sehingga mampu melaksanakan tugas mereka dalam keluarga dan masyarakat luas, sehingga menemukan kebahagiaan dalam tugas mereka. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s