Yesus Mengajar dalam Ruang Batin Kita

Renungan Harian Misioner
Jumat Biasa IX, 4 Juni 2021
P. S. Kuirinus

Tb. 11:5-17; Mzm. 146:2abc.7.8-9a.9bc-10; Mrk. 12:35-37

Sahabat misioner terkasih,
Bacaan Injil hari ini sangat singkat hanya dua ayat. Meski demikian, bacaan itu sarat makna. Marilah kita pusatkan permenungan kita pada dua kalimat, awal dan akhir. Perikop Injil ini diawali dengan kalimat, “Pada suatu hari Yesus mengajar di bait Allah,” dan diakhiri dengan kalimat, “Orang yang besar jumlahnya mendengarkan Yesus penuh minat.”

Disiratkan dalam Injil ini bahwa Yesus adalah Mesias (bhs. Ibrani) yang dalam bahasa Yunani adalah Kristos atau disebut Kristus. Artinya “Yang diurapi”. Yesus adalah “Yang diurapi” sebagai penyelamat umat manusia. Ia adalah duta Allah yang membawa keselamatan bagi segala makhluk. Yesus membawa dan mewartakan keselamatan itu dengan kata dan tindakan, terutama dipenuhi dalam misteri sengsara, wafat dan kebangkitan-Nya.

Mengajar adalah salah satu yang dikerjakan Yesus untuk membawa keselamatan. Ia mengajar di berbagai tempat baik di atas bukit, di pinggir pantai, di atas perahu, di rumah maupun di bait Allah seperti dikisahkan dalam Injil hari ini. Yesus mengajar dengan penuh kewibawaan dan kuasa. Sampai saat ini pun Tuhan Yesus terus mengajar dalam kemuliaan-Nya. Ia mengajar di bait Allah kita, bait Roh Kudus tubuh kita. Ingat! Santo Paulus pernah mengatakan bahwa “tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu” (1Kor. 6:19). Kalau dalam Injil dikatakan, “Yesus mengajar di bait Allah,” sampai saat ini pun Yesus tetap mengajar di bait Roh Kudus kita. Yesus mengajar kita melalui pelbagai peristiwa dan perjuangan hidup kita. Yesus mengajar kita dalam keheningan, dalam peristiwa pahit maupun manis. Yesus mengajar saat kita membaca atau mendengarkan sabda-Nya yang tertuang dalam Kitab Suci, saat kita merayakan sakramen-sakramen, saat kita berdoa.

Kalau Tuhan Yesus mengajar dalam ruang-ruang batin kita, apakah kita mendengarkannya? Perikop Injil hari ini diakhiri dengan kalimat, “Orang yang besar jumlahnya mendengarkan Yesus penuh minat.” Apakah kita sudah seperti orang-orang yang dikisahkan dalam Injil itu, mendengarkan Yesus penuh minat? Atau sebaliknya justru Tuhan Yesus yang selalu kita tuntut mendengarkan keluh kesah dan permohonan kita? Kita percaya Tuhan Yesus selalu mendengarkan kita bahkan tanpa kita minta pun Ia akan mendengarkan kita. Sekarang maukah kita mendengarkan-Nya dengan penuh minat? Mendengarkan Yesus yang mengajar kita adalah pilihan tepat sebab setiap firman-Nya adalah pelita langkah hidup kita menuju kebahagiaan sejati, kedamaian dan keselamatan hidup.***(NW)

(RD. M Nur Widipranoto – Dirnas Karya Kepausan Indonesia)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Keindahan Perkawinan: Marilah kita berdoa bagi kaum muda yang sedang mempersiapkan perkawinan dengan dukungan komunitas Kristiani: semoga mereka bertumbuh dalam cinta, dengan kemurahan hati, kesetiaan dan kesabaran. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Pegiat dan pengguna media sosial: Semoga semua pegiat dan pengguna media sosial dikaruniai keutamaan untuk dapat terus berkreasi menebarkan hal-hal positif dan terhindar dari hal-hal yang merugikan diri sendiri, keluarga, maupun masyarakat. Kami mohon…

Ujud Khusus Tahun Santo Yoseph:

Berkenanlah memberi kami hati, seperti Hati Putera dari Bapak Yoseph, untuk mengambil bagian secara tulus dalam membangun Paguyuban Umat Beriman dalam keluarga-keluarga dan komunitas-komunitas kami. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s