Siapkah Kita Berbuat Baik Tanpa Imbalan?

Renungan Harian Misioner
Sabtu, 05 Juni 2021
P. S. Bonifasius

Tb. 12: 1,5-15,20; MT Tb. 13:2,6,7,8; Mrk. 12:38-44. atau dr Ruybs

Santo Bonifasius adalah Rasul, yang amat dijunjung tinggi oleh umat di Nederland dan Jerman. Ia melanjutkan warisan mendidik iman pada para umat di Eropa Utara, sehingga mengajarkan pemahaman iman, perasaan iman dan penghayatan iman, yang meneguhkan Gereja sampai sekarang.

BACAAN PERTAMA – TOBIT 12:1.5-15.20:
Tobit dan keluarganya banyak sekali berbuat sesuatu bagi sesama, tetangga dan para sahabat; bahkan bagi orang mati. Perbuatan baik bagi sesama itu mendapat perhatian dari Allah Yang Mahacinta, dan tidak dibiarkan lewat tanpa berkat. Itulah sebabnya, mengapa Rafael, salah satu malaikat Tuhan, dikirim mendampingi keluarga penuh bakti itu. Rafael mendampingi beban berat keluarga Tobit dan menjadikan mereka mampu berbuat banyak hal bagi sesamanya. Tobia yang muda juga dididik untuk melakukan hal serupa; sehingga dipesankan supaya tahu berterima kasih kepada Rafael dan ‘memberikan ‘imbalan kasih’. Kebaikan hati keluarga itu menyebabkan Rafael membukakan rahasianya, bahwa dia adalah utusan Tuhan.

REFLEKSI KITA: Banyak perbuatan baik dilakukan oleh St. Bonifasius, apakah kita siap juga melakukan perbuatan baik bagi sesama (kita yang mendapat Kabar Gembira, dari para murid dari St. Bonifasius) karena iman kita? Apakah hal itu kita lakukan dalam keluarga?

BACAAN INJIL – MARKUS 12:38-44:
Menghadapi kemunafikan orang-orang Farisi dan ahli Taurat, Yesus mendorong para murid-Nya, untuk berbuat baik, bukan untuk mendapat pujian atau imbalan, melainkan karena mau melaksanakan pesan Allah. Itulah yang dilakukan oleh Rafael, yang tidak menerima ‘imbalan dari keluarga Tobit dan Tobia’, karena mau melaksanakan segalanya sebagai pengutusan dari Allah. Demikian pulalah, yang dilakukan oleh Janda Miskin, yang memberikan derma di Kenisah, ya karena mau melaksanakan Kehendak Allah. Kita dipanggil untuk berbuat baik, rajin berdoa, bermatiraga, memberi derma, dstnya, karena cinta ilahi. Banyak sekali kesempatan kita melakukan perbuatan baik itu, demi cinta Ilahi, dan bukan untuk mendapat pujian.

REFLEKSI KITA: Apakah pada minggu mendatang kita siap melakukan perbuatan baik tanpa mencari imbalan atau upah? Apakah kita mau berdoa, bukan untuk mendapat imbalan dari Tuhan, tetapi lebih untuk menyambut cinta Allah kepada kita dan semua anak Allah?

(RP. B.S. Mardiatmadja, SJ – Dosen STF Driyarkara)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Keindahan Perkawinan: Marilah kita berdoa bagi kaum muda yang sedang mempersiapkan perkawinan dengan dukungan komunitas Kristiani: semoga mereka bertumbuh dalam cinta, dengan kemurahan hati, kesetiaan dan kesabaran. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Pegiat dan pengguna media sosial: Semoga semua pegiat dan pengguna media sosial dikaruniai keutamaan untuk dapat terus berkreasi menebarkan hal-hal positif dan terhindar dari hal-hal yang merugikan diri sendiri, keluarga, maupun masyarakat. Kami mohon…

Ujud Khusus Tahun Santo Yoseph:

Berkenanlah memberi kami hati, seperti Hati Putera dari Bapak Yoseph, untuk mengambil bagian secara tulus dalam membangun Paguyuban Umat Beriman dalam keluarga-keluarga dan komunitas-komunitas kami. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s