Bunda Maria Sebagai Model Gereja

Renungan Harian Misioner
Sabtu Pekan Biasa X, 12 Juni 2021
PW. Hati Tersuci Santa Perawan Maria

2 Kor 5: 14-21; Mzm. 103:1-2.3-4.8-9.11-12; Mat. 5:33-37
Bacaan Khusus: Yes. 61: 9-11; 1Sam. 2: 1,4-8; Luk. 2:41-51

Hari ini bersama Gereja kita merayakan Hati Tersuci Santa Perawan Maria. Injil yang kita dengarkan hari ini mengajak kita melihat kisah keluarga kudus Nazaret, terkhusus bagaimana kita bisa mengambil insipirasi dari relasi Yesus dan Bunda Maria, ibu-Nya.

Perikop yang kita dengarkan hari ini menceritakan Yosef dan Maria yang mengajak Yesus untuk beribadat di bait Allah di Yerusalem. Ritual tersebut merupakan kegiatan tahunan. Dari tempat tinggal mereka di Nazaret, diperlukan waktu beberapa hari perjalanan untuk menuju ke Yerusalem. Yesus kecil bersama kedua orang tua-Nya pergi bersama dengan banyak orang termasuk kaum kerabat mereka. Kisah tersebut menunjukkan kepada kita betapa keluarga Nazaret ini taat menjalankan tradisi keagamaan.

Kisah selanjutnya telah kita ketahui bahwa dalam perjalanan pulang, Yesus terpisah dari kedua orang tua-Nya dan tertinggal di Yerusalem. Dan ketika Yosef dan Maria akhirnya menemukan Yesus, mereka melihat-Nya sedang bercakap-cakap dengan para alim ulama di Bait Allah. Momen tersebut merupakan saat dimana Yesus untuk pertama kali menyatakan misi-Nya. “Mengapa kalian mencari Aku? Tidakkah kamu tahu, bahwa Aku harus berada di dalam rumah Bapa-Ku?” Pernyataan Yesus tersebut tentu sulit dipahami oleh kedua orang tua-Nya saat itu. Mereka belum menyadari sepenuhnya maksud dan tujuan Yesus lahir ke dunia ini. Namun Maria, ia menyimpan semua perkara itu dalam hatinya.

Maria adalah Bunda Yesus dan Bunda Gereja. Ia adalah teladan kita sebagai pengikut Kristus. Dalam kehidupan beriman tentu ada begitu banyak hal yang sering membuat kita bingung, bimbang, dan tak tahu apa maksudnya. Namun meneladan Maria, di tengah situasi demikian, kita diajak untuk dengan rendah hati ‘menyimpan semua itu dalam hati’. Bukan untuk melupakan melainkan untuk merenungkannya dalam iman. Keyakinan bahwa Allah senantiasa memiliki rencana keselamatan atas kita semua itu yang hendaknya menjadi pegangan. Sikap iman demikian akan menuntun kita kepada sikap pengikut Kristus yang sejati, yang tidak mengandalkan akal budi dan logika manusia melainkan berpegang pada iman akan Allah yang menyelamatkan.

Maka marilah kita memohon rahmat tersebut, agar dalam kehidupan beriman kita di tengah keluarga dan masyarakat, kita senantiasa meneladan Bunda Maria yang selalu dekat dengan Yesus dan mampu untuk melihat setiap peristiwa kehidupan dengan hati yang jernih. Tuhan memberkati.

(Br. Kornelius Glossanto, SX – Misionaris Xaverian)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Keindahan Perkawinan: Marilah kita berdoa bagi kaum muda yang sedang mempersiapkan perkawinan dengan dukungan komunitas Kristiani: semoga mereka bertumbuh dalam cinta, dengan kemurahan hati, kesetiaan dan kesabaran. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Pegiat dan pengguna media sosial: Semoga semua pegiat dan pengguna media sosial dikaruniai keutamaan untuk dapat terus berkreasi menebarkan hal-hal positif dan terhindar dari hal-hal yang merugikan diri sendiri, keluarga, maupun masyarakat. Kami mohon…

Ujud Khusus Tahun Santo Yoseph:

Berkenanlah memberi kami hati, seperti Hati Putera dari Bapak Yoseph, untuk mengambil bagian secara tulus dalam membangun Paguyuban Umat Beriman dalam keluarga-keluarga dan komunitas-komunitas kami. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s