Tuhan Bebaskanlah Kami!

Renungan Harian Misioner
Jumat Biasa XII, 25 Juni 2021
P. S. Gulielmus

Kej. 17:1,9-10,15-22; Mzm. 128:1-2,3,4-5; Mat. 8:1-4

Dalam perikop yang kita baca dan renungkan hari ini (Mat. 8:1-4), Penginjil Matius menceritakan penyembuhan yang dilakukan Yesus terhadap seorang yang sakit kusta. Menarik sekali bagaimana Matius melukiskan sikap hormat si kusta ini kepada Yesus, “Maka datanglah seorang yang sakit kusta kepada-Nya, lalu sujud menyembah Dia dan berkata: ‘Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku.’” (ay. 2). Di sini Matius sudah menunjukkan kepada pembacanya bahwa Yesus yang ditemui si kusta bukan orang biasa, melainkan Dia yang pantas disembah. Selanjutnya, Matius mengisahkan apa yang dilakukan Yesus, “Lalu Yesus mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata: “Aku mau, jadilah engkau tahir.” (ay.3a). Kalimat yang menyusul berikutnya melukiskan “buah” tindakan Yesus, “Seketika itu juga tahirlah orang itu dari pada kustanya.” (ay. 3b). Kisah tidak berhenti sampai di situ. Matius menuliskan apa yang diminta Yesus kepada orang kusta yang baru saja disembuhkan itu, “Ingatlah, jangan engkau memberitahukan hal ini kepada siapa pun, tetapi pergilah, perlihatkanlah dirimu kepada imam dan persembahkanlah persembahan yang diperintahkan Musa, sebagai bukti bagi mereka.” (ay. 4).

Dalam kisah itu Matius ingin menunjukkan bahwa Yesus adalah pribadi yang pantas disembah. Ia mempunyai kuasa untuk menyembuhkan orang yang menderita sakit kusta! Pribadi yang pantas disembah dan dapat menyembuhkan penyakit kusta tidak lain adalah Allah sendiri. Dengan menampilkan kisah semacam itu, Matius ingin menyampaikan kepada pembacanya bahwa Yesus adalah Anak Allah – Mesias, pemenuhan dari Perjanjian Lama.

Apa relevansi pesan Sabda Tuhan hari ini bagi kehidupan kita saat ini? Pertama, melalui bacaan hari ini kita diingatkan kembali bahwa Yesus Kristus yang kita imani adalah sungguh-sungguh Anak Allah, Mesias – utusan Allah. Kadang-kadang, dalam pergaulan dengan orang-orang yang tidak mengimani Kristus, kita mendapat serangan dengan berbagai argumen bahwa Yesus Kristus bukanlah Allah. Jangan ragu-ragu-ragu lagi! Yesus adalah sungguh-sungguh Anak Allah, sungguh-sungguh Mesias. Kedua, di masa sulit karena pandemi virus corona kali ini, kita bisa meniru apa yang dilakukan si kusta. Dengan penuh hormat kita datang kepada Yesus, bersujud di hadapan-Nya, dan berseru: “Tuhan, jika Tuhan mau, Tuhan dapat membebaskan kami dari pandemi ini.” Semoga Tuhan mengabulkan permohonan kita ini.

(RP. Yakobus Sriyatmoko, SX – Magister Novis Serikat Xaverian di Wisma Xaverian Bintaro, Tangerang)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Keindahan Perkawinan: Marilah kita berdoa bagi kaum muda yang sedang mempersiapkan perkawinan dengan dukungan komunitas Kristiani: semoga mereka bertumbuh dalam cinta, dengan kemurahan hati, kesetiaan dan kesabaran. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Pegiat dan pengguna media sosial: Semoga semua pegiat dan pengguna media sosial dikaruniai keutamaan untuk dapat terus berkreasi menebarkan hal-hal positif dan terhindar dari hal-hal yang merugikan diri sendiri, keluarga, maupun masyarakat. Kami mohon…

Ujud Khusus Tahun Santo Yoseph:

Berkenanlah memberi kami hati, seperti Hati Putera dari Bapak Yoseph, untuk mengambil bagian secara tulus dalam membangun Paguyuban Umat Beriman dalam keluarga-keluarga dan komunitas-komunitas kami. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s