Mereka yang Berbahagia dan Percaya Kendati Tak Melihat

Renungan Harian Misioner
Sabtu, 3 Juli 2021
Pesta St. Tomas, Rasul

Ef. 2:19-22; Mzm. 117:1,2; Yoh. 20:24-29

Hari ini Gereja merayakan Pesta Santo Tomas Rasul. Merenungkan pribadi Santo Tomas, kita tentu tidak asing dengan kisah ‘ketidakpercayaannya’ atas kebangkitan Yesus. Memang dalam kitab suci tidak banyak kisah mengenai Santo Tomas. Gereja Syria, sejak tahun 232, memperingati pesta St. Tomas, Rasul, pada tanggal 3 Juli.

Dalam Injil hari ini kita diajak merenungkan kisah penampakan Yesus kepada para rasul. Pada saat itu Tomas ada bersama mereka. Tomas tidak percaya begitu saja dengan cerita rasul-rasul lain. Ia ingin menyaksikan sendiri Yesus, Gurunya yang mati di salib itu, benar-benar bangkit. Oleh karena itu Tomas ingin melihat luka-luka bekas penyaliban Yesus, “Sebelum aku melihat bekas paku pada tangan-Nya dan mencucukkan jariku ke dalam lambung-Nya, sekali-kali aku tidak percaya.” (Yoh. 20: 25b)

Sikap Tomas yang kurang percaya tersebut sebenarnya menunjukkan kerendahan hati seorang pengikut Kristus. Tomas tidak menutupi kenyataan bahwa dirinya tengah berduka, sedih, dan tidak tahu harus berbuat apa ketika Yesus, sang guru, telah wafat – wafat dengan cara yang mengenaskan. Sikap Tomas sebenarnya mencerminkan juga situasi sebagian dari kita, yang sedih dan berkeluh-kesah di tengah situasi yang tidak menentu. Hampir tidak ada yang percaya bahwa situasi pandemi saat ini benar-benar terjadi dan menimpa orang-orang yang kita kasihi.

Kesedihan dan rasa putus asa Tomas yang berduka karena merasa ditinggal Yesus, membuatnya sinis dan pesimis dengan kesaksian para rasul lain yang melihat Yesus. Hingga akhirnya Yesus menampakkan diri kepada Tomas dan menunjukkan luka-luka-Nya. Melihat gurunya kembali, Tomas pun menyatakan imannya dalam kalimat, “Ya Tuhanku dan Allahku.”

Kisah dalam Injil hari ini menunjukkan bahwa Yesus selalu ada bersama kita, bahkan dalam peristiwa hidup kita yang paling suram sekalipun. Ia sendiri telah mengalami penderitaan yang hebat, karena cinta-Nya kepada kita. Seperti Yesus yang menampakkan diri kepada Tomas yang tengah berduka, Yesus juga sedang bersama-sama dengan kita saat ini. Ia mengajak kita untuk tetap percaya akan kehadiran-Nya. Kata-kata Yesus, “Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya” itu, saat ini ditujukan kepada kita semua. Maka marilah kita memohon tuntunan Roh Kudus, agar mata batin kita sanggup melihat kehadiran Yesus dalam hidup kita dan memampukan kita untuk percaya akan karya penyelamatan Allah. Tuhan memberkati.

(Br. Kornelius Glossanto, SX – Missionaris Xaverian)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Persahabatan Sosial: Kita berdoa agar dalam situasi konflik sosial, politik dan ekonomi, kita berani dan penuh semangat menjadi sarana dialog dan persahabatan. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Para pendidik: Semoga para pendidik semakin hari semakin kreatif, dengan berusaha mengembangkan materi pendidikan melalui media sosial dan teknologi. Kami mohon…

Ujud Khusus Tahun Santo Yoseph:

Sudilah melimpahkan Roh Sukacita, agar kami boleh merasakan sukacita dalam mendidik para muda, seperti Santo Yoseph, yang bersama Bunda Maria mendampingi pertumbuhan Sang Putera, dalam Keluarga Nasaret. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s