Pemaparan Singkat Paus Fransiskus untuk Format Khusus Pertemuan Keluarga Sedunia yang ke-10

Pesan Video Paus Fransiskus

Pemaparan Singkat untuk Format Khusus Pertemuan Keluarga Sedunia yang ke-10

Saudara dan saudari terkasih,

Pertemuan Keluarga Sedunia berikutnya akan diadakan di Roma pada bulan Juni 2022. Tema pertemuan itu adalah Cinta keluarga: panggilan dan jalan menuju kekudusan. Setelah sempat tertunda setahun karena pandemi, keinginan untuk bertemu kembali sangat besar.

Pada pertemuan sebelumnya, sebagian besar keluarga tinggal di rumah. Pertemuan itu dianggap sebagai sesuatu yang jauh, paling banyak diikuti di televisi, dan tidak diketahui oleh sebagian besar keluarga.

Kali ini, perjumpaan ini akan memiliki format khusus. Ini akan menjadi kesempatan yang diselenggarakan untuk menciptakan acara di seluruh dunia yang dapat melibatkan semua keluarga yang ingin merasa menjadi bagian dari komunitas gerejawi.

Pertemuan akan memiliki format yang multipusat dan tersebar luas yang akan mendorong keterlibatan komunitas keuskupan di seluruh dunia. Roma akan menjadi tempat utama, dan akan ada sejumlah delegasi pelayanan pastoral keluarga yang berpartisipasi dalam Festival Keluarga, Kongres Pastoral dan Misa Kudus. Ini akan disiarkan ke seluruh dunia.

Selama periode yang sama, setiap keuskupan dapat menjadi titik fokus pertemuan lokal untuk keluarga dan komunitasnya. Dengan cara ini, setiap orang akan dapat berpartisipasi, bahkan mereka yang tidak dapat datang ke Roma.

Untuk alasan inilah, sebisa mungkin, saya ingin mengundang komunitas keuskupan untuk merencanakan inisiatif berdasarkan tema pertemuan, dan menggunakan simbol-simbol yang disiapkan oleh Keuskupan Roma. Saya meminta Anda untuk menjadi dinamis, aktif dan kreatif dalam mengatur ini dengan keluarga selaras dengan apa yang akan terjadi di Roma.

Ini adalah kesempatan yang luar biasa untuk mengabdikan diri dengan antusias untuk pelayanan keluarga dengan pasangan, keluarga dan imam bersama-sama.

Maka, ambillah keberanian, para imam dan keluarga terkasih, dan saling membantu untuk mengatur pertemuan di keuskupan dan paroki di setiap benua.

Selamat menempuh perjalanan menuju Pertemuan Keluarga Sedunia yang akan datang!

Dan jangan lupa doakan saya. Terima kasih!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s