Sapaan Paus Fransiskus pada Doa Malaikat Tuhan – 11 Juli 2021

Sapaan Bapa Suci Paus Fransiskus
pada Doa Malaikat Tuhan

Rumah Sakit Universitas Agostino Gmelli
Minggu, 11 Juli 2021


Saudara dan saudari terkasih, selamat siang!

Saya berbagagia bisa menepati janji untuk mendaraskan Doa Malaikat Tuhan, bahkan di sini dari Poliklinik “Gemelli”. Saya berterima kasih kepada Anda semua: Saya merasakan kedekatan Anda dan dukungan doa Anda. Terima kasih banyak! Injil yang kita baca hari ini dalam Liturgi menceritakan bahwa murid-murid Yesus, yang diutus oleh-Nya, “mengoles banyak orang sakit dengan minyak dan menyembuhkan mereka” (Mrk 6:13). “Minyak” ini juga membuat kita berpikir tentang Sakramen Pengurapan Orang Sakit, yang memberikan penghiburan bagi jiwa dan tubuh. Namun “minyak” ini juga mendengarkan, memberikan kedekatan, perhatian dan kelembutan oleh mereka yang merawat orang sakit: itu seperti belaian yang membuat Anda merasa lebih baik, meredakan rasa sakit dan melegakan Anda. Semuad ari kita, kita semua, cepat atau lambat membutuhkan “urapan” kedekatan dan kelembutan ini, dan kita semua dapat memberikannya kepada orang lain, dengan kunjungan, panggilan telepon, uluran tangan kepada mereka yang membutuhkan bantuan. Mari kita ingat bahwa, dalam protokol penghakiman terakhir – Matius 25 – salah satu hal yang akan mereka minta dari kita adalah kedekatan dengan orang sakit.

Di hari-hari rawat inap ini, saya mersakan kembali betapa pentingnya pelayanan kesehatan yang baik, dapat diakses oleh semua orang, seperti halnya di Italia dan negara-negara lain. Pelayanan kesehatan gratis, yang menjamin pelayanan yang baik dapat diakses oleh semua orang. Aset berharga ini tidak boleh hilang. Kita harus menjaganya! Dan untuk inilah kita semua harus berkomitmen, karena iilah kita melayani semua orang dan meminta kontribusi semua orang. Bahkan di Gereja terkadang terjadi bahwa beberapa institusi kesehatan, karena manajemen yang buruk, tidak berjalan dengan baik secara ekonomi, dan pikiran pertama yang datang kepada kita adalah untuk menjualnya. Tetapi panggilan, dalam Gereja, bukanlah untuk memiliki uang, melainkan untuk melakukan pelayanan, dan pelayanan itu selalu cuma-cuma. Jangan lupa ini: jagalah institusi yang cuma-cuma ini.

Saya ingin menyampaikan penghargaan dan dorongan saya kepada para dokter dan semua profesional perawatan kesehatan dan staf rumah sakit ini dan rumah sakit lainnya. Mereka bekerja keras! Dan kita berdoa untuk semua yang sakit. Inilah beberapa kawan, anak-anak yang sakit… Mengapa anak-anak harus menderita? Mengapa anak-anak menderita adalah pertanyaan yang menyentuh hati. Mendampingi mereka dengan doa dan berdoa untuk semua yang sakit, terutama bagi mereka yang berada dalam kondisi yang lebih sulit: tidak ada yang ditinggalkan sendirian, setiap orang dapat menerima urapan dengan didengarkan, diberi kedekatan, kelembutan, dan perhatian. Kita memohonkan ini melalui perantaraan Maria, Bunda kita, Bunda Kesehatan bagi orang sakit.

Setelah Pendarasan Doa Malaikat Tuhan

Saudara dan saudari terkasih,

Dalam beberapa hari terakhir, seringkali doa saya tertuju ke Haiti, setelah pembunuhan Presiden dan melukai istrinya. Saya bergabung dengan seruan tulus dari para uskup negara itu untuk “meletakkan senjata, memilih hidup, memilih untuk hidup bersama secara persaudaraan demi kepentingan semua dan demi kepentingan Haiti”. Saya mendekatkan diri dengan orang-orang Haiti yang terkasih; Saya berharap spiral kekerasan akan berakhir dan bangsa ini dapat melanjutkan perjalanannya menuju masa depan yang damai dan harmonis.

Hari ini adalah “Minggu Laut”, didedikasikan khusus untuk para pelaut dan mereka yang memiliki sumber pekerjaan dan mata pencaharian di laut. Saya berdoa untuk mereka dan saya mendesak semua orang untuk menjaga laut dan samudera, menjaga kesehatan laut: jangan ada plastik di laut!

Saya ingat dan memberkati semua orang di Polandia hari ini yang berpartisipasi dalam ziarah Keluarga Radio Maria ke Kuil Czestochowa.

Hari ini kita merayakan pesta St. Benediktus, Kepala Biara dan Pelindung Eropa. Mari kita beri pelukan untuk santo pelindung kita! Kita berharap semua harapan terbaik untuk Benediktin di seluruh dunia. Dan harapan terbaik untuk Eropa, yang bersatu dalam nilai-nilai pendiriannya.

Dan selamat hari Minggu untuk semua! Jangan lupa doakan aku. Selamat makan siang dan sampai jumpa!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s