Batu Karang: Lambang Iman atau Kebebalan?

Renungan Harian Misioner
Kamis, 5 Agustus 2021
Pemberkatan Gereja Basilika SP. Maria

Bil. 20:1-13; Mzm. 95:1-2,6-7,8-9; Mat. 16:13-23

Kita tentu tidak asing dengan ungkapan ‘keras kepala’ atau ‘kepala batu’. Istilah itu hendak menggambarkan watak seseorang yang tidak mudah berubah kendati mendapat berbagai tanggapan dari beragam pihak. Orang yang demikian lantas diibaratkan seperti batu yang keras yang tidak bergeming walau dihempas angin dan badai taufan. Kedua bacaan hari ini pun mengisahkan perihal batu.

Batu dalam bacaan pertama dikisahkan mengeluarkan air yang kemudian menyelamatkan umat Israel di padang gurun. Batu dalam Injil tidak lain adalah Petrus, di mana Yesus menyatakan menjadi landasan akan Gereja. Batu yang keras dalam kedua bacaan rupanya membawa tanda keselamatan. Namun di sisi lain, batu itu juga melambangkan penghalang – sesuatu yang menghambat. Di padang gurun, kendati bangsa Israel telah dibebaskan dari perbudakan di Mesir, mereka tetap belum mampu melihat rencana keselamatan Allah. Mereka bahkan ragu akan janji Allah dan perjalanan menuju tanah terjanji dianggap sebagai hukuman yang menyengsarakan.

Yesus dalam Injil hari ini juga menghardik Petrus karena tak mampu melihat rencana dibalik perutusan Yesus. Walau Petrus sanggup mengaku bahwa Yesus adalah Mesias, ia tidak bisa menerima kenyataan bahwa Yesus akan melalui jalan salib. Namun Allah senantiasa mampu menyatakan kuasa Cinta Kasih-Nya. Allah sanggup mengeluarkan air dari batu cadas bagi umat Israel di padang gurun. Dan Yesus sendiri adalah air kehidupan yang menyelamatkan kita dari dosa.

Melihat rencana keselamatan Allah dalam situasi yang berat sebagaimana dihadapi bangsa Israel memang tidak pernah mudah. Mengeluh dan bertanya mengapa hal ini terjadi merupakan sesuatu yang lumrah. Namun pada akhirnya kita dituntut untuk memilih. Apakah kita membiarkan diri menjadi seperti batu karang yang menolak percaya bahwa Allah menyertai kita saat ini? Ataukah membiarkan Allah terus bekerja dengan cara-Nya, bahkan melalui diri kita yang lemah, terbatas, dan berdosa ini, untuk menyatakan kemualian-Nya?

Allah melalui Musa dan Harun, kendati mereka penuh keraguan, menyelamatkan umat Israel dari kehausan di padang gurun. Yesus melalui Petrus yang keras dan bahkan menyangkal-Nya, membawa landasan keselamatan jemaat Allah. Dan saat ini, Allah juga sedang menunjukkan kasih-Nya, melalui masing-masing dari kita. Marilah kita bertekun dalam doa dan berharap dalam iman, agar melalui sabda-Nya ini kita pun sanggup menyalurkan kasih Allah kepada sesama kita. Juga dalam situasi yang tampak pelik dan seolah tanpa harapan. Tuhan menyertai kita selalu.

(Br. Kornelius Glossanto, SX – Missionaris Xaverian)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Gereja: Marilah kita berdoa bagi Gereja, agar menerima dari Roh Kudus, rahmat dan kekuatan untuk memperbarui dirinya dalam cahaya Injil. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Menanggulangi masalah rasialisme: Semoga pemerintah dikaruniai kejernihan hati dan pikiran dalam membimbing masyarakat agar tidak mudah terpancing oleh isu perbedaan sosial, budaya dan ras yang mudah meledak. Kami mohon…

Ujud Khusus Tahun Santo Yoseph:

Perkenankanlah kami menyertai Santo Yoseph untuk memperoleh Roh Kerendahan Hati, agar dalam kemerdekaan sejati dapat menyerahkan diri kepada Kehendak-Mu. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s