Iman Sebesar Biji Sesawi

Renungan Harian Misioner
Sabtu, 7 Agustus 2021
P. S. Sistus II, S. Kayetanus

Ul. 6:4-13; Mzm. 18:2-3a,3bc-4,47,51ab; Mat. 17:14-20

Ketika Yesus dan ketiga murid-Nya turun gunung, mereka berhadapan dengan seseorang yang memohon belaskasihan karena anaknya sakit ayan dan sangat menderita. Ia sudah meminta pertolongan para murid yang lain, tetapi mereka tidak bisa menyembuhkannya. Yesus menegur orang itu karena kurang percaya. Ia juga menegur kesembilan murid karena alasan yang sama ketika mereka bertanya: “Mengapa kami tidak dapat mengusir setan itu?”

Sepintas kilas, memang sangat mengherankan bahwa para murid-Nya tidak dapat menyembuhkan anak yang sakit, padahal mereka sudah diberi kuasa untuk mengusir roh jahat (Mat. 10:1) dan sudah berpengalaman mengusir banyak setan dan mengoles banyak orang sakit dengan minyak dan menyembuhkan mereka (Mrk. 6:13).

Peristiwa senada sering juga kita alami. Kita rajin ke Gereja. Kita rajin membaca Kitab Suci, atau bahkan mengajar Kitab Suci. Liturgi dan sakramen-sakramen sudah dijalankan sebagaimana mestinya, tetapi hasilnya seperti tidak ada. Lalu di mana letak kekurangannya?

Injil hari ini kiranya memberi jawaban yang meyakinkan, yakni “kurangnya iman”. Dengan bahasa simbolis, Yesus mengatakan: “Jika kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja, kamu dapat berkata kepada gunung ini: Pindahlah dari tempat ini ke sana…”

Berbicara tentang iman, traktat kuno mengajar kita bahwa iman itu mempunyai tingkatannya tersendiri. Pertama: Notitia. Inilah isi iman yang tertulis di dalam buku atau Credo. Kedua: Assensus. Inilah isi iman yang disetujui seperti yang selalu kita ucapkan pada Upacara Malam Paskah. Ketiga: Fiducia. Inilah iman yang benar-benar diyakini, dihayati dan dialami secara personal oleh mereka yang dalam Kitab Ibrani disebut sebagai saksi-saksi iman (Ibr. 11). Inilah kiranya iman yang diharapkan oleh Yesus.

Para murid mengalami kegagalan dalam menjalankan tugas misi, karena iman mereka kemungkinan belum setaraf fiducia. Demikian juga barangkali mereka hanya mengandalkan pepatah Latin “ex opera operato”, yang berarti hasil menyusul suatu perbuatan, entah dilakukan dengan atau tanpa iman. Yang penting saya sudah melakukan yang benar dan mengucapkan kata-kata formula yang benar.

Peristiwa ini mengajak kita untuk kembali kepada Tuhan, membangun kembali relasi dengan-Nya secara lebih dalam dan secara terus menerus dan dengan kepercayaan penuh mengandalkan Dia dalam segala tugas misi Gereja. Jika iman sebesar biji sesawi saja sudah bisa memindahkan gunung, betapa dahsyatnya apa yang terjadi jika iman kita sebesar gunung.

(RP. Anton Rosari, SVD – Imam Keuskupan Bogor)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Gereja: Marilah kita berdoa bagi Gereja, agar menerima dari Roh Kudus, rahmat dan kekuatan untuk memperbarui dirinya dalam cahaya Injil. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Menanggulangi masalah rasialisme: Semoga pemerintah dikaruniai kejernihan hati dan pikiran dalam membimbing masyarakat agar tidak mudah terpancing oleh isu perbedaan sosial, budaya dan ras yang mudah meledak. Kami mohon…

Ujud Khusus Tahun Santo Yoseph:

Perkenankanlah kami menyertai Santo Yoseph untuk memperoleh Roh Kerendahan Hati, agar dalam kemerdekaan sejati dapat menyerahkan diri kepada Kehendak-Mu. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s