Ke manakah Arah Diri dan Pelayananku?

Renungan Harian Misioner
Minggu, 08 Agustus 2021
Pesta S. Dominikus

Bacaan khusus: 1Kor. 2:1-10a; Luk. 9:57-62

SANTO DOMINIKUS DE GUZMAN: Santo ini dikenal sebagai “yang mendirikan Keluarga Dominikan”, dan menjadi “teladan bagi siapa pun, suster, entah imam, yang mau mengikuti Santo Dominikus”. Para pengikut Santo Dominikus disebut dengan singkatan “OP”, yaitu Ordo Praedicatorum (Ordo Pengkhotbah), atau juga sering disebut sebagai “Ordo Pewarta” (termasuk mereka, yang bergabung dalam tautan Keuskupan/Diosis, dan bukan Persekutuan Universal (seluruh dunia).

BACAAN PERTAMA – 1 KORINTUS 2:1-10a:
Pilihan bacaan dari Komisi Liturgi menunjuk ke arah spirit Santo Dominikus, dalam mewartakan Injil. Paulus tidak mengandalkan ‘kata indah’, tetapi mengajak murid-muridnya mengarahkan hati kepada “Salib Tuhan Yesus”. Orientasi pada Salib Sang Pewarta Utama sangatlah dijunjung tinggi oleh Paulus (dan Dominikus dalam bacaan ini) serta tidak mengandalkan kekuasaan dan kekuatan manusiawi, melainkan ‘dengan keyakinan akan kekuatan Roh Allah’. Paulus malah tidak mengandalkan kekuasaan para pemimpin dalam persekutuan. Latar belakangnya adalah “kontemplasi pada Yesus Kristus, yang Tersalib”. Di situlah murid Paulus menemukan arah kehidupan bersama mereka: “Roh Allah menjadi pegangan pewartaannya”.

REFLEKSI KITA: sejauh manakah kita mengandalkan iman pada kontemplasi akan “Sang Tersalib” dan bukan pada kemampuan kita; terutama kalau ‘mewartakan’ sesuatu kebenaran dari Yang Agung? Apakah kita mengarahkan diri dan pelayanan kita kepada Daya Roh Kudus; bukan mengandalkan diri pada Kehendak kita sendiri?

BACAAN INJIL – LUKAS 9:57-62:
Pilihan bacaan Injil juga mengajak kita mengarahkan diri seperti spirit St. Dominikus, yaitu: atas dasar kontemplasi akan Tuhan Yesus, yang bercakap-cakap dengan para murid, lalu dipahamilah Lukas, yang menangkap pesan utama Tuhan, yaitu kalau mau menjadi pengikut Yesus, maka ya lahir-batin secara menyeluruh mengikuti Tuhan. Ketaatan dalam hal itu diarahkan kepada Kehendak Allah; dan secara sepenuhnya. Relasi-relasi manusiawi,- relasi dengan orang tua atau pemuka paguyuban -, diarahkan kepada Allah: hal itu berlaku bagi semua pengikut Yesus. Bila memperhatikan intisari Injil Lukas ini, maka kita juga dapat memahami, bahwa bagi St. Dominikus, dan kita semua, ketaatan itu melampaui semua manusia tertuju kepada Allah; bukan kepada manusia.

REFLEKSI KITA: sejauh manakah iman menjadi arah utama hidup pribadi kita dan relasi kita dengan sesama kita? Di manakah hidup beriman kita menjadi warna dasar hidup kita; bahkan dalam relasi dengan keluarga, sahabat, teman sekerja, organisasi kita?

(RP. B.S. Mardiatmadja, SJ – Dosen STF Driyarkara)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Gereja: Marilah kita berdoa bagi Gereja, agar menerima dari Roh Kudus, rahmat dan kekuatan untuk memperbarui dirinya dalam cahaya Injil. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Menanggulangi masalah rasialisme: Semoga pemerintah dikaruniai kejernihan hati dan pikiran dalam membimbing masyarakat agar tidak mudah terpancing oleh isu perbedaan sosial, budaya dan ras yang mudah meledak. Kami mohon…

Ujud Khusus Tahun Santo Yoseph:

Perkenankanlah kami menyertai Santo Yoseph untuk memperoleh Roh Kerendahan Hati, agar dalam kemerdekaan sejati dapat menyerahkan diri kepada Kehendak-Mu. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s