Para Malaikat Agung Kuatkanlah Kami

Renungan Harian Misioner
Rabu, 29 September 2021
Pesta S. Mikael, Gabriel, dan Rafael, Malaikat Agung

Dan. 7:9-10,13-14 atau Why. 12:7-12a; Mzm. 138:1-2a,2bc-3,4-5; Yoh. 1:47-51

Hari ini Gereja merayakan Pesta Santo Mikhael, Gabriel dan Rafel (Malaikat Agung). Doa pembukaan Perayaan Ekaristi untuk pesta ini sangat indah: “Allah Bapa Yang Mahakuasa, secara mengagumkan Engkau menetapkan para Malaikat dan manusia bekerja sama dan mengambil bagian dalam karya penyelamatan-Mu. Semoga para malaikat Agung senantiasa menguatkan kami untuk melawan kejahatan, meneguhkan kami untuk mewartakan kabar sukacita, dan menuntun kami dalam peziarahan hidup di dunia …”

Doa singkat itu merangkum tiga tugas Malaikat Agung yang kita rayakan hari ini. Malaikat Agung Mikael dalam Kitab Daniel digambarkan sebagai seseorang yang membantu Israel melawan para musuhnya (bdk. Daniel 12:1) dan dalam Kitab Wahyu, Malaikat Agung ini menjadi pemimpin pasukan malaikat saat mengalahkan kekuatan si naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau Satan, yang menyesatkan seluruh dunia (bdk. Wahyu 12:7-9). Sedangkan yang bertugas meneguhkan kita dalam mewartakan kabar sukacita adalah Malaikat Agung Gabriel. Dalam Perjanjian Lama kita menemukan peran Malaikat Agung ini dalam Daniel 8:16-18; 9:21-23 dan dalam Perjanjian Baru dalam Injil Lukas 1:11-38. Malaikat Agung ketiga, Rafael, berperan menuntun kita dalam peziarahan hidup ini sebagaimana ia menuntun Tobia untuk mendapatkan Sara dan menemukan obat bagi Tobit (ayahnya) dari kebutaannya (Tobit 4:1-12:22).

Kita pantas bersyukur kepada Allah yang memberikan kepada kita para Malaikat Agung yang setiap saat bisa kita mintai bantuannya. Ketika kita sedang berjuang melawan roh jahat yang menggoda kita, kita bisa minta pertolongan kepada Malaikat Mikhael, saat kita sedang mewartakan kabar sukacita Injil kita bisa minta bantuan Malaikat Gabriel dan pada saat kita dalam perjalanan atau sedang menolong orang sakit kita bisa memanggil Malaikat Rafael. Dengan melakukan semuanya itu, kita bekerja sama dan mengambil bagian dalam karya penyelamatan Yesus-Anak Manusia yang kepada-Nya “malaikat-malaikat Allah turun naik” (Yoh. 1:51).

Sebagaimana dilakukan Filipus yang membawa Natanael kepada Yesus (Yoh. 1:45-47), kita pun juga diundang untuk membawa kepada Yesus orang-orang yang belum mengenal-Nya. Seperti yang dilakukan kepada Natanael, Yesus sendirilah yang akan membuat orang-orang yang kita bawa itu terpesona atas diri-Nya dan akhirnya percaya kepada-Nya. Semoga semakin banyak orang percaya dan mengimani Tuhan Yesus sebagai Juru Selamat!

(RP. Yakobus Sriyatmoko, SX – Magister Novis Serikat Xaverian di Wisma Xaverian Bintaro, Tangerang)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Gaya hidup yang ramah lingkungan: Kita berdoa agar kita semua bisa membuat keputusan yang berani untuk gaya hidup yang sederhana dan ramah lingkungan, bersukacita bersama orang muda kita yang dengan tegas berkomitmen dengan hal ini. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Mereka yang tertekan masalah ekonomi: Semoga mereka yang tertekan oleh masalah ekonomi bisa menemukan usaha-usaha baru yang bisa menjadi sumber nafkahnya. Kami mohon…

Ujud Khusus Tahun Santo Yoseph:

Sudilah mengarahkan sejarah hidup kami seperti sejarah hidup Santo Yoseph, yang Kau bimbing menyatu dengan para Leluhurnya, sebagaimana nampak dalam Alkitab. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s