Berdoa Bagi Mereka yang Telah Mendahului Kita

Renungan Harian Misioner
Selasa, 2 November 2021
PENGENANGAN ARWAH SEMUA ORANG BERIMAN

2Mak. 12:43-46; Mzm. 130:1-2,3-4,5-6a,6-7,8; 1Kor. 15:20-24a.25-28; Yoh. 6:37-40

2Mak. 12:43-46; Mzm. 130:1-2,3-4,5-6a,6-7,8; 1Kor. 15:20-24a.25-28; Yoh. 6:37-40

Sebagai orang Kristiani kita mempercayai adanya kehidupan kekal. Sebab melalui Yesus, kematian tidak lagi mempunyai daya untuk menghilangkan kehidupan. Allah merupakan sumber hidup dan dalam kebangkitan Kritus, maut telah dikalahkan.

Hari ini Gereja Katolik secara khusus mengenang kembali arwah semua orang beriman. Untuk itu kita diundang untuk mengenang dan mendoakan anggota keluarga, sahabat, dan orang-orang yang kita cintai yang telah mendahului kita menghadap Bapa di Surga. Kita percaya bahwa mereka saat ini telah beroleh hidup kekal dan bergembira bersama para kudus.

Tidak dipungkiri bahwa kehilangan orang-orang terdekat yang kita sayangi membawa kesedihan dan duka. Seolah-olah orang-orang tesebut hilang begitu saja dari kehidupan kita. Namun dengan cara tertentu kita masih merasakan pengaruh kehadiran mereka dalam hidup ini. Pengalaman itu ingin menunjukkan bahwa relasi yang kita jalin dengan orang-orang tersebut abadi. Pengalaman tersebut menjadikan apa yang dikatakan Yesus dalam Injil hari ini bermakna, “Sebab inilah kehendak Bapa-Ku, yaitu supaya setiap orang yang melihat Anak dan yang percaya kepada-Nya beroleh hidup kekal, dan supaya Aku memangkitkannya pada akhir zaman” (Yoh. 6:40).

Saudara-saudari yang terkasih, marilah bersama-sama kita menghadirkan kembali pengalaman-pengalaman bermakna bersama dengan orang-orang yang telah mendahului kita. Marilah kita menyadari bahwa relasi kita dan mereka merupakan tanda  kasih Allah yang besar. Marilah kita menyadari pula kehadiran Kristus dalam perjumpaan-perjumpaan kita. Dan marilah kita tidak pernah lupa memohon dengan rendah hati kepada Bapa di Surga agar menganugerahkan Roh Kudus-Nya, sehingga kita senantiasa dimampukan untuk meneladan Kristus yang merupakan jalan, kebenaran, dan hidup. Tuhan memberkati.

(Br. Kornelius Glossanto, SX – Misionaris Xaverian)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Orang-orang yang menderita karena depresi: Semoga mereka yang menderita karena depresi dan kelelahan mental mendapat dukungan dan tuntunan ke hidup yang lebih baik. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Penghayatan iman: Semoga keluarga Katolik dapat menghayati iman secara lebih baik dalam kehidupannya. Kami mohon…

Ujud Khusus Tahun Santo Yoseph:

Sudilah mempersatukan kami dengan semua saudari dan saudara kami, yang sudah meninggal dan mendoakan kami, sebagaimana Santo Yoseph merestui pelayanan Sang Putera. Kami mohon…

Amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s