Bapa Paus, Utusan Tuhan Yesus Kristus

Renungan Harian Misioner
Selasa, 09 November 2021
Pesta Pemberkatan Gereja Basilik Lateran

Yeh. 47:1-2,8-9,12; Mzm. 46:2-3,5-6,8-9; 1Kor. 3:9b-11,16-17; Yoh. 2:13-22

Kita mengenal Gereja Basilika St. Petrus sebagai Gereja “Terbesar Gereja Katolik Roma”, yang mulai dibangun tahun 1506 dan selesai tahun 1626. Tetapi kedudukan resmi Paus sebagai Uskup adalah Uskup Roma. Sebagai Uskup Roma, Katedralnya adalah Basilik Lateran dan disebut Ibu Gereja Ekumene. Resminya bernama: Basilika Santo Yohanes Lateran dan diberkati oleh Paus Sylvester I, pada 9 November tahun 324, dan selesai dibangun tahun 1735. Dalam kaitan dengan Paus, sebagai Primus inter pares di antara para Uskup Gereja Katolik Roma sedunia, maka Gereja St. Yohanes Rasul dan St. Yohanes Pembaptis ini amat dihormati. Maka hari pemberkatannya dirayakan seluruh Gereja Katolik Roma.

BACAAN PERTAMA YEHEZKIEL 47:1-2.8-9.12

Bacaan ini melukiskan, bagaimana di gereja ini mengalirlah air, yang menyegarkan semua yang dialirinya dan membuat seluruhnya kudus. Ikan, buah-buahan serta segala sesuatu yang tersentuh olehnya menjadi langgeng, tidak habis-habisnya. Darinya orang disenangkan, dikenyangkan, disembuhkan dari penyakit. Terbayangkanlah, bagaimana kehadiran Sang Kristus juga memberikan kesuburan, kebaikan dan kesehatan lahir-batin. Keyakinan ini penting, karena Basilika ini merupakan tempat bersemayamnya Pengganti Petrus, yang diutus menjadi Pemuka semua Murid Kristus. Dengan kata lain, Basilika Lateran mempunyai makna bukan pertama-tama karena merupakan basilika paling tua, tetapi merupakan rujukan seluruh Gereja Katolik Universal dalam rujukan dasar sebagai “Pokok Rujukan Semua Murid dari Sang Kristus”. 

BACAAN INJIL YOHANES 2:13-22

Lambang penting yang disebutkan Yohanes adalah “YERUSALEM DENGAN KENISAHNYA”,- bukan karena gedungnya, bukan karena peran politisnya, bukan karena tuanya,- melainkan karena di dalamnya ada BAIT – SUCI. Hal itu penting justru karena juga dikaitkan dengan ‘kepentingan-kepentingan ekonomis, seperti perdagangan binatang dan uang’. Oleh sebab itu, bagi Perayaan Pemberkatan Basilika Lateran ini perlulah disadari: bukanlah ritus dan lambang-lambang kultural, yang harus kita junjung tinggi, melainkan karena dalam Basilika ini Paus kita hadir sebagai Pemuka Gereja Katolik Roma, yang meneruskan peran Petrus, yang dalam Yoh. 21: 16-20 diberi pesan “Gembalakanlah domba-dombaku”. Kalau pada hari ini kita merayakan pemberkatan Basilik ini, maka kita diundang untuk menegaskan kembali komitmen dasar kita kepada Paus, sebagai Utusan Tuhan Yesus Kristus: jangan mengikuti sementara orang yang meremehkan Paus atau rekan-rekannya para Uskup, melainkan memandang Sang Putera Allah, yang dalam pesan terakhirnya dalam Injil Yohanes menugasi Petrus dan pengganti-pengganti-Nya: “Gembalakanlah domba-dombaKu”. Di akhir renungan ini: marilah kita membaharui Syahadat para Rasul.

(RP. B.S. Mardiatmadja, SJ – Dosen STF Driyarkara)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Orang-orang yang menderita karena depresi: Semoga mereka yang menderita karena depresi dan kelelahan mental mendapat dukungan dan tuntunan ke hidup yang lebih baik. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Penghayatan iman: Semoga keluarga Katolik dapat menghayati iman secara lebih baik dalam kehidupannya. Kami mohon…

Ujud Khusus Tahun Santo Yoseph:

Sudilah mempersatukan kami dengan semua saudari dan saudara kami, yang sudah meninggal dan mendoakan kami, sebagaimana Santo Yoseph merestui pelayanan Sang Putera. Kami mohon…

Amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s