Iman dan Kasih yang Menyelamatkan

Renungan Harian Misioner
Senin Adven II, 06 Desember 2021
P. S. Nikolaus

Yes. 35:1-10; Mzm. 85:9ab-10,11-12,13-14; Luk. 5:17-26

Misi: Kerinduan mengikuti Yesus untuk mengalami pemulihan dan keselamatan hanya dapat diraih ketika iman kita kokoh di hadapan Tuhan serta kasih Tuhan yang sempurna dicurahkan bagi kita.

Saudara-saudari para sahabat Misioner yang terkasih dalam Kristus.

Ziarah iman kita di masa Adven pekan kedua ini mengajak kita untuk bersama Nabi Yesaya menyerukan pengharapan dan keyakinan pasti bahwa Allah akan memberikan pemulihan pada setiap orang yang memiliki pengharapan pasti. Yang dibutuhkan Yahwe adalah kekuatan dan kekokohan iman bangsa Israel untuk menghadapi tindakan Allah yang adil dan menyelamatkan. Kedatangan Allah akan membawa perubahan serta pemulihan. Yang buta melihat, yang tuli mendengar, yang lumpuh berjalan, yang bisu bersorak- sorai. Lahan kering, gersang dan tandus akan menjadi sumber air dan kolam. Suatu karya yang menakjubkan. 

Sementara dalam bacaan Injil hari ini, Lukas mengajak kita untuk membangun kekokohan iman untuk menyambut kasih Tuhan yang sempurna. Mukjizat penyembuhan yang menakjubkan akibat iman mereka yang langsung, si penderita telah membawa pemulihan sempurna pada si lumpuh. Iman yang mampu menerobos tantangan telah menghadirkan karya Tuhan yang menakjubkan.

Sesama saudara para sahabat misoner yang terkasih.

Dalam masa Adven ini, kekuatan yang tidak boleh diremehkan adalah harapan bahwa Tuhan tidak pernah akan menjatuhkan hukuman atas setiap orang yang walau pun dalam keterbatasannya selalu menyerahkan diri pada kuasa serta kehendak Tuhan. 

Pemulihan serta keselamatan yang disediakan oleh Tuhan berangkat dan bertolak dari kesetiaan serta kasih Tuhan yang sempurna bagi kita umat-Nya. Tuhan mengubah segala yang menurut kita tidak mungkin menjadi mungkin. Yang bisu akan bersorak-sorai, yang tuli bisa mendengar, yang buta bisa melihat, yang lumpuh bisa berjalan serta kekeringan, kegersangan akan mengalirkan air berlimpah. Inilah tindakan Allah yang selalu memberi kepada setiap kita kehidupan dan keselamatan yang menakjubkan. Namun yang diminta dari kita adalah: harapan yang pasti bahwa Allah setia dalam segala isi perjanjian-Nya, serta kasih Allah yang sempurna akan mengubah segalanya dalam diri kita.

Sesama saudara misioner yang terkasih.

Hari ini juga Yesus mengajak kita, bahwa masa Adven merupakan masa penantian yang harus dihiasi dengan kasih yang peduli terhadap penderitaan orang lain, sehingga setiap orang bisa mengalami sukacita. Kesembuhan yang diberikan Yesus kepada si lumpuh serta banyak orang yang mengikuti Dia merupakan tindakan kasih serta kepedulian sempurna Yesus kepada setiap orang yang sungguh percaya kepada-Nya.

Maka dalam masa Adven kali ini, Yesus mengajak kita untuk memiliki harapan yang pasti bahwa dalam berbagai kesulitan Yesus akan tetap berpihak pada kita ketika  kita berusaha dengan berbagai cara untuk mendekatkan diri pada-Nya. Selain itu Yesus menghendaki agar kita juga memiliki sikap belarasa serta kepedulian kepada sesama kita yang menderita, berjuang bersama mereka serta membawa mereka keluar dari berbagai persoalan hidup mereka terutama berjalan untuk bisa mendekatkan diri pada Tuhan.

Hendaknya selama masa Adven ini, kita berusaha untuk menanggalkan sikap seperti para ahli Taurat dan kaum Farisi yang selalu berfikir negatif tentang orang lain. Belajarlah membawa sukacita dan harapan pada sesama kita yang sedang dihimpit dan diapit penderitaan.

Keselamatan menjadi miliki kita karena iman dan harapan yang kita peluk. Berjuanglah bersama orang lain yang mengalami kesulitan untuk meraih sukacita dan keselamatan bagi mereka. Amin.

(RP. Hiasintus Ikun, CMF – Dirdios KKI Keuskupan Palangkaraya)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Katekis: Marilah kita berdoa bagi para katekis, yang dipanggil untuk mewartakan Sabda Allah: semoga mereka menjadi saksinya, dengan berani dan kreatif, serta dalam kuasa Roh Kudus. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Para peternak: Semoga semua pihak yang berwenang menolong para peternak untuk meningkatkan usaha mereka agar mereka dapat hidup layak dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Kami mohon…

Ujud Khusus Tahun Santo Yoseph:

Berkenanlah memadukan kami dengan Keluarga Kudus, mengikuti pelayanan Santo Yoseph, memberikan bakti kepada Bunda Maria dan mengimani Sang Putera. Kami mohon…

Amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s