Songsong Natal dengan Pertobatan

Renungan Harian Misioner
Sabtu Adven II, 11 Desember 2021
P. S. Damasus I

Sir. 48:1-4,9-11; Mzm. 80:2ac,3b,15-16,18-19; Mat. 17:10-13

Paus Damasus I, yang diperingati hari ini, memimpin Konsili Roma 382. Konsili ini memastikan daftar resmi Kitab Suci kita. Ia menghadapi bidaah-bidaah besar seperti Apollinarisme dan Macedonianisme. Ia mendorong diterbitkannya Alkitab Vulgata. Ia diperingati tanggal 11 Desember di Gereja Roma dan 13 Desember di Gereja Orthodox.

BACAAN I – Sirakh 48:1-4.9-11: Elia diperlihatkan di sini sebagai juru bicara Tuhan, dalam menjelaskan mengenai Sabda-Nya. Khususnya diperlihatkan, bagaimana Allah menghendaki bahwa umat mendengarkan Sabda Tuhan, dengan mukjizat dan banyak tanda heran. Maksudnya adalah untuk mengajak orang menengadahkan wajah ke arah Allah. Jangan sampai manusia hanyalah mengarahkan diri pada dunia saja. Untuk menjelang Natal, bacaan ini mengajak kita semua mengangkat kepala kepada Tuhan; jangan tetap menatap dirinya sendiri.

BACAAN INJIL – Matius 17:10-13: Catatan penting yang dikemukakan di sini adalah bahwa Elia sungguh sudah hadir. Namun, manusia yang sangat bersifat egosentris, tidak juga melihat datangnya Elia sebagai utusan Allah. Sebab manusia memusatkan perhatian kepada dirinya sendiri saja. Memang, manusia biasa saja dibiasakan untuk memperhatikan orang lain. Apalagi manusia rohani, diundang untuk memperhatikan ya sesamanya manusia lain, ya Yang Maha Agung sendiri. Untuk kita yang mempersiapkan diri memperingati Tradisi menyongsong kedatangan Sang Mesias, bacaan ini sangat penting, agar kita tidak memusatkan perhatian kepada benda-benda materiil dan hal-hal lahiriah menjelang Natal, melainkan mengisi kerohanian kita.

REFLEKSI KITA: Apa persiapan batin yang sudah kita lakukan untuk menyambut Natal? Apakah kita tidak hanya memusatkan perhatian hal-hal materiil di rumah atau pakaian, dsb? Apakah kita sungguh menyiapkan batin? Apakah kita bertobat juga untuk menyambut Natal?

MOHONLAH ROH PERTOBATAN MENYONGSONG NATAL.

(RP. B.S. Mardiatmadja, SJ – Dosen STF Driyarkara)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Katekis: Marilah kita berdoa bagi para katekis, yang dipanggil untuk mewartakan Sabda Allah: semoga mereka menjadi saksinya, dengan berani dan kreatif, serta dalam kuasa Roh Kudus. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Para peternak: Semoga semua pihak yang berwenang menolong para peternak untuk meningkatkan usaha mereka agar mereka dapat hidup layak dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Kami mohon…

Ujud Khusus Tahun Santo Yoseph:

Berkenanlah memadukan kami dengan Keluarga Kudus, mengikuti pelayanan Santo Yoseph, memberikan bakti kepada Bunda Maria dan mengimani Sang Putera. Kami mohon…

Amin

Satu respons untuk “Songsong Natal dengan Pertobatan

  1. Terimaksih banyak atas renungan Sabda. In the Divine Word

    Br. Abdon Simanullang SVD

    On Fri, Dec 10, 2021, 22:01 Situs Resmi Biro Nasional Karya Kepausan

    Suka

  2. Persiapan rohani hal yang utama menyambut natal, namun juga tidak bisa mengabaikan kedagingan karena itu yang menopang manusia bertahan hidup.⛪☦️🍷🔥🎅🌲🙏🆔

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s