Teladan Bagi Orang Beriman

Renungan Harian Misioner
Kamis Pekan V Prapaskah, 07 April 2022
S.Yohanes Baptista de la Salle

Kej.17:3-9; Mzm.105:4-5.6-7.8-9; Yoh.8:51-59

Yohanes Baptista de la Salle adalah seorang anak keluarga bangsawan yang hidupnya saleh, sangat mengasihi Yesus dan Gereja-Nya. Ketika kedua orang tuanya meninggal dunia, dia meninggalkan seminari untuk membesarkan adik-adiknya. Setelah mereka dewasa, Yohanes Baptista ditahbiskan menjadi imam. Sebagai imam bersama para bruder, ia mendirikan sekolah bagi rakyat jelata dan juga bangsawan. Berkat doa serta matiraga Yohanes Baptista, Tuhan memberkati segala karya mereka sehingga terus berkembang dan tersebar luas. S. Yohanes Baptista wafat pada hari Jumat Agung, 07 April 1719, dalam usia 68 tahun. Ia dinyatakan kudus oleh Paus Leo XIII pada tahun 1900. Pada tahun 1950, Paus Pius XII mengangkatnya sebagai santo pelindung para pengajar.

Allah berjanji kepada Abraham: “Aku akan mengadakan perjanjian antara Aku dan engkau serta keturunanmu turun-temurun menjadi perjanjian yang kekal, supaya Aku menjadi Allahmu dan Allah keturunanmu.” Inilah perjanjian Allah dalam Perjanjian Lama, yang kemudian diperbarui dalam Perjanjian Baru melalui kedatangan Kristus ke dunia. Di mana Allah sendiri hadir dalam diri Putera-Nya.

Kehadiran Yesus ke dunia membawa kelahiran baru bagi manusia, pertobatan melalui pembaptisan agar manusia percaya kepada Kristus dan Injil-Nya, membentuk satu Gereja yang dipenuhi oleh Roh Kudus, terus menyebar ke seluruh dunia mewartakan kabar sukacita dan membawa keselamatan.

Dalam Injil hari ini Yesus berkata: “Sesungguhnya barangsiapa menuruti firman-Ku, ia tidak akan mengalami maut sampai selama-lamanya” (ay. 51). Bagi kita yang hidup di masa kini ayat ini menjadi perintah sekaligus janji Yesus bagi keselamatan manusia. Namun bagi orang Yahudi saat itu, Yesus dianggap sebagai orang yang kerasukan setan. Pikiran mereka dangkal, sebatas kenyataan yang mereka alami bahwa Abraham bapa mereka dan para nabi semua mati.

Jawab Yesus “Abraham bapamu bersukacita  bahwa ia akan melihat hariku dan ia telah melihatnya dan ia bersukacita” (ay. 56), namun mereka tak peduli dan tak memahami akan maksud Yesus. Bagi Abraham, Yesus adalah pemenuhan harapan dan sukacita. Abraham menjadi teladan bagi orang beriman.

Proses menjadi orang beriman itu panjang dan penuh pergumulan. Bagi kita yang hidup di zaman now, meski tidak berjumpa Yesus secara nyata namun kita percaya dan menyerahkan diri sepenuhnya kepada Tuhan. Meneladani Abraham, percaya kepada Allah yang juga tidak dilihatnya… namun tetap percaya.

(Alice Budiana – Komunitas Meditasi Katolik Ancilla Domini, Paroki Kelapa Gading – KAJ)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Gereja Universal: Tenaga kesehatan

Kita berdoa untuk para tenaga kesehatan yang melayani orang sakit dan lansia, terutama yang berada di negara-negara miskin; semoga mereka mendapat dukungan yang memadai dari negara dan komunitas setempat.

Ujud Gereja Indonesia: Bersikap terhadap konsumerisme

Kita berdoa semoga kita tetap bersikap sederhana dan tidak tergoda untuk memiliki barang yang tidak kita perlukan di tengah gelombang konsumerisme yang mendikte dunia.

Amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s