Roh Kudus, Roh Kebenaran Yang Menuntun Kita

Renungan Harian Misioner
Rabu, 25 Mei 2022
P. S. Beda Venerabilis, S. Gregorius VII, S. Maria Magdalena dr Pazzi

Kis. 17:15,22 – 18:1; Mzm. 148:1-2,11-12b,12c-14a,14bcd; Yoh. 16:12-15

Dalam kehidupan beriman, tidak jarang kita dihadapkan pada berbagai situasi yang membuat kita bimbang. Meskipun kita tahu dan pernah mendengar apa yang seharusnya kita lakukan sebagai orang beriman, namun apa yang terjadi seringkali tidak sesederhana itu. Kita sering mendengar perintah Yesus dalam Injil, kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu; mengampuni sesama tujuh puluh kali tujuh kali, mengasihi orang lain seperti mengasihi diri sendiri, dan begitu banyak pengajaran yang kita ketahui. Namun, sekali lagi, melakukannya tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

Beriman bukanlah sekadar kegiatan berpikir mengandalkan akal budi kita semata. Roh Kudus yang dianugerahkan kepada kita sejak pembaptisanlah yang tanpa kita sadari menuntun kita untuk mengimani Allah. Kebenaran yang ada dalam Yesus Kristus merupakan kebenaran iman. Oleh karena itu kita membutuhkan penerangan Roh Kudus dalam kehidupan beragama ini. “….apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran, … “ (Yoh. 16:13)

Maka marilah kita dengan rendah hati memohon kepada Tuhan, agar membuka mata hati dan budi kita sehingga semakin hari, kita semakin peka akan bisikan dan tuntunan Roh Kudus, Roh Kebenaran itu sendiri. Sehingga dengan demikian, hari demi hari, akal budi kita semakin dijernihkan dan tingkah laku serta tutur kata kita semakin mampu menghadirkan Kasih Allah di tengah keluarga dan masyarakat. Tuhan memberkati.

(Br. Kornelius Glossanto, SX – Misionaris Xaverian)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Gereja Universal: Bagi Iman kaum muda

Kita berdoa untuk kaum muda yang dipanggil menjalani hidup dengan sepenuh-penuhnya; semoga dalam diri Maria mereka dapat belajar untuk mendengarkan, melakukan diskresi secara mendalam, mempunyai keberanian yang lahir dari iman, dan memberikan diri dalam pelayanan.

Ujud Gereja Indonesia: Menghayati doa rosario

Kita berdoa, semoga bersama Maria kita makin dapat merasakan kesederhanaan dan kedalaman doa rosario, dan mau rajin mendoakannya demi sesama yang memohon doa-doa kita.

Amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s