Siap Menjadi Misionaris di Tengah Anak-anak

Sejak tanggal 31 Agustus hingga 02 September 2022 di Seminari Menengah St. Petrus Aek Tolang Keuskupan Sibolga, 24 (Pra-TOR, KPA) dan 14 Postulan OSF Sibolga bersama mengikuti pelatihan SOMA sebagai persiapan untuk menjalankan kerasulan mereka di Paroki Katedral St. Theresia Lisieux Sibolga dan Paroki St. Yosef Pandan.

WhatsApp Image 2022-09-23 at 11.34.24

Pelatihan ini difasilitasi oleh Dirdios KKI Keuskupan Sibolga Sr. Dominika Nababan, OSF  bersama tim KKI sdr. Kortal Nadeak S.Pd. Selama 3 hari pelatihan ini dimulai pukul 08.30 dan berakhir pkl 17.00 wib, dengan materi: Mengenal Karya Kepausan dengan 4 Serikat Misi, terutama Serikat Kepausan Anak dan Remaja Misioner serta spiritualitasnya, belajar psikologi anak dan remaja untuk membantu peserta mengenal ciri dan karakter anak. Tidak kalah pentingnya memperkenalkan tata Ibadat anak misioner setiap hari Minggu, diawali dengan teori dan metode pemaparan Injil sesuai dengan buku pegangan Pendamping AKU SAHABAT YESUS tahun C. Peserta dibagi dalam empat kelompok untuk persiapan praktek memimpin ibadat dalam kelompok besar. Di Keuskupan Sibolga, setiap hari Anak Misioner dilaksanakan kegiatan Prosesi Tiga Raja, anak dan remaja mewujudkan motto Sekami “Children Helping Children” dengan semangat 2D2K melalui kunjungan ke rumah-rumah umat. Maka materi ini  disajikan  kepada para frater dan calon suster sehingga mereka dapat menjadi penggerak bagi anak dan remaja pada hari Anak Misioner se-dunia bulan Januari yang akan datang. Prosesi Tiga Raja merupakan kegiatan mandatoris di Keuskupan Sibolga. Semangat misioner juga ditanamkan lewat lagu-lagu anak dan remaja misioner, belajar lagu dan gerak juga membawa suasana gembira, hingga pelatihan 3 hari penuh tidak terasa membosankan.

WhatsApp Image 2022-09-23 at 11.32.57

Pada acara penutupan, Mgr. Fransiskus Sinaga datang untuk memberikan bimbingan kepada peserta untuk tetap memelihara panggilan dan mau belajar dengan semua program pembinaan, salahsatunya menjalankan kerasulan mendamping anak Sekami setiap Minggu di stasi/KBG maupun Paroki. Akhirnya peserta menerima Rosario Misioner dan berkat Pengutusan dari Bapak Uskup. Semangat misioner berkobar di dada, tak sabar menanti perutusan dari Formator masing-masing rumah pembinaan. Selamat bermisi, Tuhan memberkati…

.

(Oleh: Sr. Dominika Nababan, OSF)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s