Jalankan Kehendak ALLAH dalam Hidup Sehari-Hari

Renungan Harian Misioner
Kamis Biasa XXXIV, 24 November 2022
P. S. Andreas Dūng Lac, dkk

Why. 18:1-2,21-23; 19:1-3,9a; Mzm. 100:2,3,4,5; Luk. 21:20-28; atau dr Ruybs

Kita berada di minggu terakhir tahun liturgi. Bacaan-bacaan yang dibacakan dalam Perayaan Ekaristi pada minggu ini bertemakan tentang akhir zaman. Dalam bacaan Injil hari ini Lukas menyampaikan tanda-tanda akhir zaman yang dikatakan Yesus, “Akan tampaklah tanda-tanda pada matahari, bulan dan bintang-bintang. Bangsa-bangsa di bumi akan ketakutan dan bingung menghadapi gelora laut. Orang akan mati ketakutan karena cemas berhubung dengan segala sesuatu yang menimpa bumi, karena kuasa-kuasa langit berguncangan.” Setiap kali terjadi bencana alam yang hebat, orang berpikir apakah akhir zaman segera akan datang? Orang mulai panik dan ketakutan. Tapi ada satu tanda yang sampai hari ini belum terpenuhi, “Pada waktu itu orang akan melihat Anak Manusia datang dalam awan dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya. Apabila semuanya itu terjadi, bangkitlah dan angkatlah mukamu, sebab penyelamatanmu sudah dekat.” Kapan saat akhir zaman itu akan terjadi? Tidak seorang pun tahu karena Yesus pun sebagai Anak Allah tidak tahu, “Tetapi tentang hari atau saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa saja.” (Mrk. 13:32; bdk. Mat. 24:36).

Kalau begitu apa yang mesti kita perbuat? Ini: berjaga-jaga dan bersiap-siaga dengan menjalankan kehendak Allah dalam kehidupan kita sehari-hari. Tidak perlu kita meninggalkan aktivitas sehari-hari dan hanya berdoa untuk menunggu saat akhir zaman tiba. Santo Paulus mengingatkan dengan keras jemaatnya yang menunggu datangnya hari Tuhan tanpa melakukan pekerjaannya sehari-hari “Jika seorang tidak mau bekerja, janganlah ia makan.” (2Tes. 3:10). Di sini bukan mau dikatakan bahwa kita tidak perlu berdoa. Doa tetap mutlak diperlukan dalam kehidupan sehari-hari karena hanya dengan doa kita akan mengenal kehendak Allah. Setiap hari kita dihadapkan pada tawaran-tawaran duniawi dan kita harus memilih mana yang sesuai dengan kehendak Allah dan mana yang bukan. Di sinilah pentingnya doa. Dalam doa yang tulus, Allah dalam Roh Kudus-Nya akan membantu kita membedakan mana yang baik dan mana yang buruk dan memampukan kita memilih dan menjalankan yang baik itu. Maka, sambil menunggu datangnya akhir zaman itu, mari kita selalu mendekatkan diri pada Allah dalam doa sambil berbuat baik seperti yang dilakukan Yesus saat Ia masih di dunia (bdk. Kis. 10:38).

(RP. Yakobus Sriyatmoko, SX – Magister Novis Serikat Xaverian di Wisma Xaverian Bintaro, Tangerang)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Gereja Universal: Anak-anak yang menderita

Kita berdoa untuk anak-anak yang menderita, terutama tuna wisma, yatim piatu, dan korban perang; semoga mereka mendapat jaminan untuk memperoleh pendidikan dan kesempatan merasakan kehangatan kekeluargaan.

Ujud Gereja Indonesia: Mengenang mereka yang meninggal karena Covid-19

Kita berdoa untuk mereka yang meninggal karena Covid 19, semoga Tuhan menganugerahkan belas kasih-Nya pada mereka, dan arwah mereka beristirahat dalam ketentraman kekal.

Amin

Satu respons untuk “Jalankan Kehendak ALLAH dalam Hidup Sehari-Hari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s