Pengalaman Akan Keajaiban TUHAN

Renungan Harian Misioner
Kamis, 5 Januari 2023
P. S. Simeon Stylites Tua

1Yoh. 3:11-21; Mzm. 100:1-2,3,4,5; Yoh. 1:43-51

Misi: Menyambut Kristus Sang Terang Sejati agar dapat menemukan, melihat dan mengalami keajaiban Tuhan dalam setiap realitas hidup kita

Para sahabat misioner yang terkasih gema Sabda Allah hari ini, mengajak kita untuk menyatu dengan terang Kristus agar kita mampu keluar dari kegelapan diri dan tetap membuka diri kepada Kristus yang mengenal diri kita secara penuh.

Pada bacaan pertama hari ini, Rasul Yohanes dalam surat pertamanya menegaskan bahwa dunia lebih terpikat pada kegelapan dan kejahatan. Yohanes mengingatkan para pengikut Kristus agar segera meninggalkan kegelapan, menyingkirkan kejahatan lalu mengenakan terang Kristus untuk semakin mencintai sesama. Sementara pada Injil hari ini penginjil Yohanes menegaskan bahwa sebagai bangsa Israel sejati yang tanpa kepalsuan hendaknya berani berjumpa dengan Tuhan, membuka diri pada kemuliaan dan karya agung Tuhan. Membiarkan diri untuk mengalami keajaiban Tuhan dalam setiap realitas hidup. Yohanes menyatakan bahwa Yesus mengakui Natanael sebagai seorang Israel sejati lebih dari itu Yesus mengarahkan hati Natanael agar mengikuti Dia sebagai penyelamat, Mesias dan Anak Allah.

Sesama saudara misioner yang terkasih, sikap iman yang menolak kebencian dan menyatu dengan terang adalah sikap iman yang diperkayai oleh kasih Kristus untuk mengasihi sesama. Rasul Yohanes menunjukan bukti kasih Kristus yaitu “Kristus telah menyerahkan nyawa-Nya untuk kita maka kita pun wajib menyerahkan nyawa untuk saudara-saudara kita”. Inilah sikap iman yang dituntut Kristus dari kita. Kita diminta untuk bergerak menuju sesama saudara kita yang menderita dan yang sangat membutuhkan pertolongan kita. Kasih Kristus merupakan keajaiban yang memiliki daya dorong yang sangat kuat, yang menggerakkan kaki kita untuk melangkah, yang mengangkat tangan kita untuk menjamah sesama. Dorangan kasih Kristus memiliki daya ampuh yang mematahkan kebencian kita kepada orang lain. Agar kita memiliki kekuatan kasih Kristus maka tidak ada pilihan lain selain mengikuti Kristus. Kita datang kepada-Nya, membuka diri bahkan menelanjangi diri di hadapan Kristus agar kita boleh menemukan, melihat dan mengalami keajaiban Tuhan. Langkah mengikuti Kristus telah ditunjukkan oleh Filipus, Andreas dan Petrus. Ketiganya bahkan mengantar Natanael kepada Kristus ternyata Kristus telah mengenal Natanael sebelumnya. Kemampuan Kristus mengenal Natanael bahkan diri kita berangkat dari kasih-Nya yang sempurna tanpa syarat. Maka tindakan iman kita adalah berani mengenakan kasih Kristus untuk membangun perjumpaan dengan sesama. Karena seluruh keajaiban Allah dalam ziarah iman kita dapat kita alami ketika kita mampu mengasihi sesama serta memelihara keutuhan alam ciptaan.

Para sahabat misioner yang terkasih ziarah iman kita selama masa Natal kali ini adalah ziarah perjumpaan kita dengan Kristus melalui sesama dan lingkungan sekitar. Perjumpaan kita dengan Kristus sang Mesias dan Juru selamat hanya bisa mungkin ketika kita mampu menanggalkan sikap dendam, iri, sombong, serakah yang merupakan tirai-tirai yang menggelapkan hidup kita. Hendaknya kita masuk dalam terang Kristus yang membawa kita untuk bisa melihat, mengenal sesama dan menemukan karya Allah yang begitu ajaib dalam diri sesama. Perjumpaan kita dengan sesama yang didasarkan pada kasih Kristus telah membuka mata iman kita untuk mengalami bahwa Tuhan begitu ajaib bagi kita. Marilah kita bergegas seperti Natanael dan membiarkan diri dikenal sepenuhnya oleh Kristus agar kita pun mampu mengenal dan mencintai sesama, dan membiarkan sesama mengalami keajaiban Tuhan melalui diri kita. Amin.

(RP. Hiasintus Ikun, CMF – Dirdios KKI Keuskupan Palangkaraya)

Doa Persembahan Harian

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Gereja Universal:Para pendidik – Kita berdoa untuk para pendidik, semoga mereka menjadi saksi yang dapat dipercaya, mengajarkan persaudaraan daripada kompetisi dan membantu mereka yang paling muda dan rentan.

Ujud Gereja Indonesia:Optimisme dan harapan – Kita berdoa, semoga tahun baru menjadi saat rahmat, yang mendorong kita untuk optimis, percaya dan berharap, bahwa Roh Tuhan akan menuntun dan membuka mata kita untuk bisa melihat kesempatan, peluang dan jalan keluar dalam pelbagai kesulitan, masalah dan tantangan yang harus kita hadapi.

Amin

Satu respons untuk “Pengalaman Akan Keajaiban TUHAN

  1. Sharing iman yang bagus , amat sangat bermanfaat apalagi bisa di upload sehari sblm hari pada tanggalan biasa, bisa di pakai utk pembacaan renungan untuk Katekis 🙏🏾👍

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s