Iman Yang Berbuah Pada Kesaksian Akan YESUS KRISTUS

Renungan Harian Misioner
Minggu, 15 Januari 2023
HARI MINGGU BIASA II

Yes. 49:3,5-6; Mzm. 40:2,4ab,7-8a,8b-9,10; 1Kor. 1:1-3; Yoh. 1:29-34

Hari ini Injil mengisahkan bagaimana Yohanes Pembaptis memberikan kesaksian mengenai siapa Yesus itu. “Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia…” Yohanes pada saat itu telah dikenal masyarakat luas karena pengajarannya. Ia juga memiliki sejumlah pengikut dan murid. Berbeda dengan Yesus yang kehadiran-Nya di tengah publik belum banyak dikenal. Namun dengan rendah hati Yohanes memberikan pengakuan akan siapa Yesus tersebut.

Namun karena imannya, Yohanes mampu peka akan siapa Yesus sebenarnya. Yohanes tidak dibutakan oleh kemasyurannya. Justru, dengan rendah hati Yohanes Pembaptis memberi kesaksian bahwa Yesus adalah Anak Allah. “…Dan aku sendiripun mula-mula tidak mengenal Dia, tetapi untuk itulah aku datang dan membaptis dengan air, supaya Ia dinyatakan kepada Israel.”

Kitapun seyogianya melalui pembaptisan yang kita terima, berani dengan rendah hati memberikan kesaksian mengenai Yesus dalam hidup kita. Siapa Yesus yang sebenarnya kita imani? Sehingga dengan kesadaran tersebut kita mampu untuk menghadirkan Yesus melalui diri kita; melalui pekerjaan kita; melalui tutur kata dan perilaku hidup kita. Semoga Yesus yang kita imani dikenal oleh orang lain melalui kehadiran kita.

Maka marilah kita mohon bimbingan Roh Kudus, akan semakin hari kita semakin mampu dengan berani memberikan kesaksian yang nyata atas iman kita pada Yesus Kristus. Tuhan memberkati kita.

(Br. Kornelius Glossanto, SX – Misionaris Xaverian)

Doa Persembahan Harian

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Gereja Universal:Para pendidik – Kita berdoa untuk para pendidik, semoga mereka menjadi saksi yang dapat dipercaya, mengajarkan persaudaraan daripada kompetisi dan membantu mereka yang paling muda dan rentan.

Ujud Gereja Indonesia:Optimisme dan harapan – Kita berdoa, semoga tahun baru menjadi saat rahmat, yang mendorong kita untuk optimis, percaya dan berharap, bahwa Roh Tuhan akan menuntun dan membuka mata kita untuk bisa melihat kesempatan, peluang dan jalan keluar dalam pelbagai kesulitan, masalah dan tantangan yang harus kita hadapi.

Amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s