Siapakah ALLAH Bagiku?

Renungan Harian Misioner
Hari Rabu, 08 Mei 2024
P. S. Benediktus II

Kis. 17:15.22-18:1; Mzm. 148:1-2,11-12ab,12c-14a,14bcd; Yoh. 16:12-15

Paulus berbicara hal kebenaran tentang Allah kepada orang-orang Athena dengan sangat berani karena ia yakin hal itu benar. Seperti yang tertulis dalam Injil apabila Ia datang yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran. 

Agar kita taat menjalankan perintah Yesus, Roh Kebenaran akan mengingatkan, mengarahkan, menuntun kita ke dalam seluruh kebenaran. Sebagai umat beriman, kita percaya Yesus adalah jalan, kebenaran dan hidup (Yoh. 14:6)

Dalam Injil hari ini Yesus menegaskan, Roh Kebenaran itulah yang akan memimpin kita ke dalam seluruh kebenaran dan senantiasa berpihak kepada kebenaran. Roh Kebenaran akan memimpin kita untuk berbicara dan melakukan hal-hal yang baik dan benar, apabila kita senantiasa membuka diri terhadap bimbingan Tuhan. Sudahkah kita senantiasa memohon bimbingan Roh Kudus setiap saat kita mau melakukan atau mengerjakan sesuatu?

Kita harus senantiasa membuka hati, memohon kehadiran Tuhan sepanjang  perjalanan hidup kita, untuk mampu setia berjalan mengikuti kehendak-Nya. Dalam iman kita yakin dan percaya bahwa kita memiliki Allah yang Maha Pengasih, Maha Kuasa. Allah tidak akan membiarkan kita sampai jatuh tergeletak. Sebagai anak-anak Allah, kita harus percaya penuh dan berserah kepada-Nya. Saat kita mengalami kesulitan kita datang memohon pertolongan kepada Allah Bapa, Allah Putra dan Allah Roh Kudus yang layak kita puji dan sembah, bukan kepada yang lain. 

Dengan setia hadir merayakan Ekaristi, kita akan beroleh kekuatan saat menerima kehadiran Yesus sendiri dalam rupa Hosti Kudus. Allah yang kita puji dan sembah berkenan hadir secara nyata dalam diri kita, umat-Nya yang dibaptis dalam Gereja Katolik. “Siapa saja yang makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia mempunyai hidup yang kekal dan Aku akan membangkitkan dia pada akhir zaman”. (Yoh. 6:54)

“Ya Tuhan, utuslah Roh Kudus-Mu ke dalam diriku supaya aku selalu berkata dan berbuat yang benar seperti yang Engkau kehendaki. Amin.”

(Alice Budiana – Komunitas Meditasi Katolik Ancilla Domini, Paroki Kelapa Gading – KAJ)

Doa Persembahan Harian

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Gereja Universal: Formasi para religius dan calon imam – Semoga para biarawan dan biarawati, serta para calon imam, tumbuh dalam panggilan mereka sendiri melalui pembinaan pribadi, pastoral, spiritual dan komunitas, sehingga mereka mampu menjadi saksi Injil yang kredibel. 

Ujud Gereja IndonesiaContent creator dan influencer – Semoga para content creator dan influencer mampu memproduksi konten-konten yang mengandung pesan positif, kejujuran, dan membangun persatuan. 

Amin

Tinggalkan komentar