Membawa Diri ke Hadapan Tuhan

RENUNGAN HARIAN MISIONER & HARI MINGGU
LITURGI Th. C/I
2018-2019

Senin II ADVEN, 10 Desember 2018
Hari Biasa
Yes 35:1-10; Luk 5:17-26

“Hari ini kita telah menyaksikan hal-hal yang sangat menakjubkan.”

Begitu banyak hal yang menakjubkan yang kita dengar, lihat dan alami dalam kehidupan ini. Nabi Yesaya mengungkapkan begitu banyak hal menakjubkan dalam bacaan pertama, “Pada waktu itu mata orang-orang buta akan dicelikkan, dan telinga orang-orang tuli akan dibuka. Pada waktu itu orang lumpuh akan melompat seperti rusa dan mulut orang bisu akan bersorak-sorai; sebab mata air memancar di padang gurun, dan sungai di padang belantara; tanah pasir yang hangat akan menjadi kolam, dan tanah kersang menjadi sumber-sumber air, di tempat serigala berbaring akan tumbuh tebu dan pandan. (Yes 35:5-7).

Hal yang lebih menakjubkan lagi terjadi dalam bacaan Injil. Seorang lumpuh mengalami kesembuhan. Kesembuhan yang dialami oleh si lumpuh, bukan hanya kesembuhan fisik (bisa berjalan), tetapi juga kesembuhan rohani, yakni dosanya diampuni (Luk.5:20). Kesembuhan tersebut diperoleh karena teman-teman si lumpuh yang tidak pantang menyerah dan mau berusaha membawanya ke hadapan Yesus. Bahkan karena iman merekalah (teman-temannya), Yesus berkata, “Hai saudara, dosamu sudah diampuni” (Luk.5:20).

Kita juga akan melihat dan mengalami hal-hal yang menakjubkan dalam kehidupan kita jika kita mau “dibawa” dan “membawa diri” ke hadapan Tuhan. Hal menakjubkan akan kita rasakan jika kita bersama dengan Tuhan. Banyak hal menakjubkan dalam kehidupan kita, namun tidak kita sadari dan berlalu begitu saja karena kita jauh dari Allah.

Maka misi kita hari ini adalah: (1) membawa diri (baik diri sendiri maupun orang lain) ke hadapan Tuhan, agar (2) kita menyadari dan merasakan hal-hal yang menakjubkan dalam kehidupan kita, sehingga pada akhirnya (3) kita memuliakan Allah (Luk.5:26).

(RD.Junarto Timbang – Dirdios KKI Keuskupan Agung Makassar)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s