Paus Fransiskus: Kabar Sukacita Membarui Sejarah

Dalam Misa di Casa Santa Marta, Paus merenungkan misteri Kabar Sukacita, saat di mana sejarah manusia benar-benar berubah.

Sebuah perikop dari Injil Lukas (Luk 1: 26-38) yang “sulit untuk dikhotbahkan,” di mana “Tuhan yang ajaib” mengubah nasib manusia. Inilah yang digarisbawahi oleh Paus Fransiskus dalam Misa yang dirayakan di kapel Casa Santa Marta.

“Perikop dari Injil Lukas yang telah kita dengar memberi tahu kita saat yang menentukan dalam sejarah, yang paling revolusioner. Ini adalah situasi yang bergejolak, semuanya berubah, sejarah menjadi terbalik. Sulit untuk berkhotbah tentang perikop ini. Dan ketika pada hari Natal atau pada hari Kabar Sukacita kita mengakukan iman untuk mengucapkan misteri ini dengan berlutut. Ini adalah saat di mana segala sesuatu berubah, semuanya, dari akarnya. Secara liturgis, hari ini adalah saat permulaannya. Antifon yang menandai makna hari ini adalah akar dari Jesse (Isai, ayah Daud), “yang dari mana sebuah tunas akan lahir.” Tuhan merendahkan diri-Nya, Tuhan masuk dalam sejarah dan melakukannya dengan gaya asli-Nya: sebuah keajaiban. Tuhan yang mengejutkan, mengejutkan kita (lagi).”

Selama homilinya, Paus membaca kembali Injil hari Kamis sehingga yang hadir dapat merefleksikan pentingnya pemberitaan Injil.

Malaikat itu menjawab, “Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah akan datang menaungimu. Sebab itu anakmu akan disebut Anak Allah yang kudus. Sanakmu Elizabeth juga akan memiliki seorang putra, meskipun ia sudah tua. Tidak ada yang mengira dia bisa memiliki seorang bayi, tetapi dalam tiga bulan dia akan memiliki seorang putra. Tidak ada yang mustahil bagi Tuhan! “Maria berkata,” Aku adalah hamba Tuhan! Terjadilah padaku menurut perkataanmu itu.” Dan, malaikat itu meninggalkannya.

20 Desember 2018
Sumber: Vatican News

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s