Dukungan Vatican untuk Katedral Notre Dame

Kebakaran Katedral Notre Dame: Paus bersama Paris turut merasakan kesedihan, Vatikan menawarkan para teknisi ahli
Paus Fransiskus menyatakan kesedihannya kepada Uskup Agung Paris, dan rakyat Perancis, atas api yang menghancurkan Katedral Notre Dame Paris. Vatikan menawarkan bantuan teknis untuk rekonstruksi tempat kudus bersejarah itu.

“Mengenai kebakaran yang menghancurkan sebagian besar Katedral Notre Dame, saya turut merasakan kesedihan Anda, dan juga umat beriman dari keuskupan Anda, penduduk Paris, dan semua orang Perancis.”

Paus Fransiskus mengirimkan dukungan solidaritas itu kepada Uskup Agung Michel Aupetit dari Paris pada hari Selasa.
Paus meyakinkan semua orang Perancis tentang dukungan spiritual dan doanya selama Pekan Suci, ketika Gereja mengingat sengsara, kematian, dan kebangkitan Yesus.

Simbol nasional rusak
“Bencana ini,” tulis Paus, “menyebabkan kerusakan serius pada bangunan bersejarah.”
“Tapi,” lanjut Paus, “saya menyadari bahwa itu juga memengaruhi simbol nasional yang menjadi kebanggaan hati orang-orang Paris dan Perancis, dalam keragaman keyakinan mereka.”

Paus menyebut Notre Dame “permata arsitektur kenangan sepanjang masa”, dan mengatakan tempat itu adalah “lokasi bagi banyak acara besar dan kesaksian iman dan doa umat Katolik kota.”

Harapan untuk masa depan
Paus Fransiskus menyatakan penghargaannya atas keberanian para petugas pemadam kebakaran yang turun tangan untuk menahan kobaran api dan harapannya agar semua dapat kembali ke kejayaannya semula.

“Semoga Katedral Notre Dame sekali lagi menjadi – berkat upaya rekonstruksi dan mobilisasi semua – tanda iman mereka yang membangunnya”.
Paus mengatakan tempat kudus berusia 860 tahun itu melambangkan “warisan arsitektur dan spiritual Paris, Perancis, dan semua umat manusia.”

Vatikan menawarkan keahlian
Juga pada hari Selasa, Kardinal Gianfranco Ravasi menawarkan pengetahuan teknis Vatikan untuk membantu membangun kembali Notre Dame.

Presiden Dewan Kepausan untuk Kebudayaan mengatakan kepada wartawan bahwa Takhta Suci dapat mengambil bagian dalam beberapa area khusus dari rekonstruksi, merujuk pada keahlian teknis Museum Vatikan.

“Kami memiliki jenis pengetahuan yang diakui seluruh dunia sebagai yang berkualitas tinggi,” kata Kardinal Ravasi. “Jadi saya pikir tawaran di masa mendatang oleh Takhta Suci akan sangat penting.”

16 April 2019
Oleh: Devin Watkins
Sumber: Vatican News

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s