Berikat Pinggang dan Jauhkan Klaim Diri!

Renungan Harian Misioner
Selasa Biasa XXXII, 12 November 2019
Peringatan S. Yosafar Kunzewich
Keb. 2:23 – 3:9; Mzm. 34:2-3,16-17,18-19; Luk. 17:7-10

Ini sabda Yesus kepada para murid, mengenai sikap seorang ‘hamba’. Hamba yang telah seharian bekerja di ladang, kembali ke rumah tuannya harus segera melayani tuannya makan, barulah kemudian ia boleh makan. Tidak ada ucapan terima kasih. Dan tak lupa Yesus menekankan, “Demikian jugalah kalian..”

Para murid Yesus diminta untuk memiliki kualitas seorang hamba sesungguhnya: pekerja keras, rajin, siap melayani, mengutamakan tuannya dan tidak mengharapkan imbalan meskipun itu hanya berupa ucapan terima kasih. Sebenarnya apa makna menjadi hamba ini? Terutama yang disebut-sebut Yesus dengan hamba tak berguna. Apakah ini berarti Yesus merendahkan para murid-Nya? Bahwa Ia sama sekali tidak menghargai usaha dan perbuatan para murid?

Perumpamaan hamba berbicara mengenai “kerendahan hati”. Bagaimana Yesus ingin para murid-Nya mampu meletakkan hati mereka di paling bawah, menjadi dasar sikap dan iman. Dalam setiap kata-kata, perbuatan dan ekspresinya saat melayani. Ini yang ingin ditekankan oleh Yesus, bersikaplah seperti seorang hamba tak berguna! Bukan hanya sekedar mengakuinya dalam kata-kata kosong, yang terdengar mulia belaka. Namun, itu harus benar-benar mengakar dalam perilaku dan gestur diri. Hamba tidak menggerutu ketika harus bekerja keras. Hamba tidak mengangkat dagu dan mengumandangkan ke segala penjuru mengenai perbuatan yang telah dilakukannya. Hamba tidak mengingat-ingat jasa-jasanya dan menuntut pujian atau ucapan terima kasih. Hamba tahu akan jati dirinya sebagai seorang ‘hamba’, yaitu orang yang selalu harus siap sedia untuk bekerja! Dan karena kerendahan hatinya, meskipun ia bekerja paling keras dan banyak, ia masih merasa tak berguna, tak mampu berbangga atas apa yang telah dilakukannya, karena baginya “ia hanya melakukan apa yang harus ia lakukan” sebagai seorang ‘hamba’.

Tuhan berkarya terlebih dahulu (menciptakan alam semesta dan segala isinya), barulah kemudian Ia ingat akan nama-Nya sendiri dan membuatnya terkenal. Tuhan bukanlah seperti raja duniawi yang pertama-tama mengingat namanya sendiri baru kemudian pekerjaannya. Kita pun bukanlah milik dunia. Sepantasnyalah, kita ciptaan yang seturut citra Allah, juga memiliki kerendahan hati yang dimiliki-Nya, sang Tuan Semesta Alam. Selalu siap sedia melayani dengan berikat pinggang, dan tidak mengklaim diri telah berjasa.

(Angel – Karya Kepausan Indonesia)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Dialog dan Rekonsiliasi di Timur Tengah: Semoga semangat berdialog, bekerjasama dan rekonsiliasi tumbuh di wilayah Timur Tengah, di mana beragam komunitas agama dapat saling membagikan hidup dalam kebersamaan mereka. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Doa para lansia: Semoga para lansia tetap mampu memaknai hidupnya dan menjadi teladan karena mau berdoa dan terus belajar berdoa bagi kebutuhan Gereja dan Masyarakat. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Semoga umat di Keuskupan kami semakin menghayati Kristus sebagai Raja mereka serta mengikuti jejak-Nya bertindak bijaksana dalam mewartakan Kabar Gembira dan mewujudkan Kerajaan Allah. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s