Aku Bintang Misioner, Aku Mewartakan Injil

Renungan Harian Misioner
Minggu, 05 Januari 2020
HARI RAYA PENAMPAKAN TUHAN
Hari Anak Misioner Sedunia ke-177
Yes. 60:1-6; Mzm. 72:1-2, 7-8, 10-11, 12-13; Ef. 3:2-3a, 5-6; Mat. 2:1-12.

Hari Raya Penampakan Tuhan Yesus atau Epifani juga merupakan Hari Anak Misioner. Bapa Paus Fransiskus dalam pesannya untuk peringatan Hari Anak Misioner Sedunia yang ke-177 tahun ini, mengundang setiap anak dan remaja misioner untuk menjadi laskar Yesus dan menjadi saksi Injil di keluarga, sekolah dan tempat-tempat lain di mana pun mereka berada. Tema yang ditetapkan oleh Karya Kepausan Indonesia tahun ini adalah: “Aku Bintang Misioner, Aku Mewartakan Injil”.

“Bangkitlah, menjadi teranglah, sebab terangmu datang, dan kemuliaan TUHAN terbit atasmu” (Yes. 60:1).

Bukan hanya anak-anak dan remaja yang diajak menjadi bintang misioner. Nabi Yesaya pada bacaan pertama menyerukan untuk bangkit dan menjadi terang. Ajakan ini muncul pada saat bangsa Israel baru kembali dari pengasingan dan menemukan Yerusalem telah menjadi reruntuhan. Pesan yang kuat dan tegas dari sang nabi juga diperuntukkan bagi kita semua pada zaman ini. Ketika menghadapi puing-puing reruntuhan dari harapan dan kebahagiaan kita dalam hidup, kita harus bisa bangkit! Bukan hanya bangkit, namun juga menjadi terang di dunia.

Kita sedang bersiap untuk menjumpai sang Bayi Yesus, kehidupan baru yang membawa keselamatan bagi kita semua. Berjumpa berarti menemui sebuah kehidupan baru. Untuk itu dibutuhkan hati yang terbuka pada kebaruan. Seperti halnya para Majus, yang meskipun datang dari jauh, mereka mau dibimbing oleh bintang, bersedia melalui perjalanan panjang serta berisiko untuk menemukan Sang Terang tersebut.

Setiap orang yang berjumpa dengan Yesus akan mengalami perubahan arah hidup. Pembaruan hidup dari yang lama ke yang baru. Mengikuti ajakan dari Bapa Paus Fransiskus, mari membiarkan diri kita diterangi oleh Terang Yesus yang datang dari Bethlehem. Tidak menutup hati atau membiarkan diri tenggelam dalam ketakutan, agar kita pun dapat mengalami sukacita yang harus bisa kita bagikan pula kepada setiap orang. Menjadi bintang misioner dan mewartakan Injil!

(Angel – Karya Kepausan Indonesia)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s