“Dipanggil” Bukan untuk Kepentingan Kita Sendiri

Renungan Harian Misioner
Selasa, 21 Januari 2020
Pw S. Agnes, Prw Mrt (M)
1Sam. 16:1-13; Mzm. 89:20,21-22,27-28; Mrk. 2:23-28

St. Agnes dihormati sekali dalam Gereja Katolik, Gereja Orthodox Timur, Keluarga Anglikan maupun murid-murid Luther. Sebagai tanda penghormatan kepadanya, namanya disebut dalam Doa Syukur Agung, sebagai satu dari 7 wanita yang terkasih. Ia juga dihormati pada tanggal 28 Januari. Ia merupakan pelindung bagi para anak perempuan. Sepanjang sejarah Gereja sebagai Paguyuban Umat Beriman, Agnes senantiasa dihormati sebagai orang yang mengambil bagian dalam bakti utama kepada Allah yang Mahakudus.

Dalam bacaan pertama 1 Sam. 16:1-13, kisah yang disajikan mudah kita kenali sebagai proses, bagaimana Allah mengurapi Daud, anak Isai. Agnes, seperti Daud, juga dipilih bukan untuk keuntungannya dirinya sendiri, melainkan demi keselamatan orang lain, yakni seluruh bangsanya. Dengan demikian kekurangan-kekurangan dari zaman sebelumnya dipulihkan. Namun, untuk sampai kepada Daud, sang nabi, perlu terlebih dahulu menyusuri anak-anak Isai dengan cermat secara keseluruhan. Allah mencari utusan-rasulnya, tidak dengan begitu saja, melainkan dengan mendalam dan meluas.

Kita sekarang juga dipanggil, tidak untuk kepentingan diri kita sendiri, melainkan untuk keselamatan manusia, demi kemuliaan Allah. Jalan yang dikehendaki-Nya adalah jalan yang menunjukkan kesediaan kita membuka diri seluas-luas dan sedalam-dalamnya bagi Roh Allah.

Dalam Injil Mrk. 2:23-28, dalam Perjanjian Baru, Guru dari Nasaret memperlihatkan bahwa nilai Taurat, sebagai aturan, bukanlah sebagai pengikat cara anak-cucu Abraham bertindak, melainkan sebagai ungkapan Israel mendengarkan suara Allah; menyimpannya ke dalam hati; melaksanakan dengan kata; perbuatan dan seluruh hidup. Dengan demikian, hukum dan perintah atasan, perlu diusahakan dengan mencari Kehendak Allah Bapa, menyusurinya dalam Umat Beriman (bagaimana anak-anak Isai dicari dengan cermat) untuk kemudian diurapi selaras dengan ‘discernment’ kenabian. Dalam memilah-milah dan menimbang-nimbang itu, segala perhitungan dipakai; namun yang terpenting adalah “pertimbangan akan pilihan Kehendak Allah”.

Jadi St. Agnes kita hormati secara khusus pada hari ini, karena secara sosial memang memberi teladan, bagaimana di tengah umat senantiasa setia pada Paguyuban Umat Beriman; selain itu, ia mendasarkan segalanya karena ingin memuliakan Allah. Dalam hal itu, ia diurapi, sebagaimana Daud diurapi ketika memulai ‘missio’ melibatkan diri dalam penyelamatan bangsanya. Marilah kita hening sebentar: “St. Agnes, doakanlah kami”.

(RP. B.S. Mardiatmadja, SJ – Dosen STF Driyarkara)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Mempromosikan perdamaian dunia: Semoga umat Kristiani, para penganut agama-agama lain, dan semua orang yang berkehendak baik mau mempromosikan perdamaian dan keadilan di dunia ini. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Membangun solidaritas: Semoga demi solidaritas nyata terhadap mereka yang miskin dan berkekurangan, keluarga-keluarga Katolik mau menentukan porsi makan secukupnya supaya tidak ada makanan yang terbuang sia-sia. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Kami memercayakan seluruh umat di Keuskupan kami kepada Roh Kasih-Mu, agar semakin mengimani Allah Bapa, yang Maha Adil dengan mewujudkan keadilan sosial. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s