“Selamat Tahun Baru Imlek” 恭喜發財

Selamat Tahun Baru Imlek dari Bapa Paus
Di akhir Audiensi Umum pada hari Rabu, Paus Fransiskus menyapa semua orang yang menandai tahun baru sesuai dengan kalender Cina tradisional. Bapa Paus mengimbau doa untuk perdamaian, dialog dan solidaritas di antara bangsa-bangsa.

Juga disebut sebagai Festival Musim Semi di daratan Tiongkok, Tahun Baru Cina adalah salah satu dari beberapa Tahun Baru Lunar di Asia. Dirayakan oleh orang-orang etnis Cina dan non-Cina di seluruh dunia.

Dimulai dengan bulan baru pertama dari kalender Lunar dan berakhir 15 hari kemudian pada bulan purnama pertama dari kalender Lunar. Tahun ini merupakan tahun Tikus.

Di akhir Audiensi Umum, Paus mencatat bahwa pada tanggal “25 Januari mendatang, di Timur Jauh dan di berbagai belahan dunia lainnya, jutaan perempuan dan laki-laki akan merayakan Tahun Baru Imlek”.

“Saya mengirimkan salam hangat saya kepada mereka, berharap mereka khususnya dapat menjadi tempat untuk belajar mengenai kebajikan penyambutan, kebijaksanaan, rasa hormat untuk setiap orang dan harmoni dengan ciptaan.”

Bapa Paus mengakhiri dengan mengundang “semua untuk berdoa juga demi perdamaian, dialog, dan solidaritas di antara bangsa-bangsa: hadiah-hadiah yang sangat diperlukan di dunia saat ini”.

22 Januari 2020
Oleh: Robin Gomes

Sumber: Vatican News

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s