Pesan Paus Fransiskus: “CARA BARU MENUJU EKOLOGI INTEGRAL: LIMA TAHUN SETELAH LAUDATO SI”

Pesan Bapa Suci Paus Fransiskus

Kepada Para Peserta Pertemuan

“CARA BARU MENUJU EKOLOGI INTEGRAL:

LIMA TAHUN SETELAH LAUDATO SI “

Castel Gandolfo, 23-25 ​​Oktober 2020


Saudara dan saudari terkasih!

Saya mengucapkan salam hangat kepada semua yang mengambil bagian dalam Pertemuan internasional yang diadakan sebagai bagian dari perayaan selama setahun dari peringatan kelima Surat Ensiklik Laudato Si ‘. Saya mengucapkan terima kasih kepada EcoOne, inisiatif ekologis dari Gerakan Focolare, dan kepada perwakilan Dikasteri untuk Mempromosikan Pembangunan Manusia Seutuhnya dan Gerakan Iklim Global Katolik yang telah bekerja sama dalam membuat acara ini menjadi mungkin.

Pertemuan ini, dengan tema “Cara Baru Menuju Ekologi Integral: Lima Tahun Setelah Laudato Si ‘”, membahas visi relasional kemanusiaan dan kepedulian terhadap dunia kita dari berbagai perspektif: etika, ilmiah, sosial dan teologis. Dalam mengingat keyakinan Chiara Lubich bahwa dunia ciptaan mengandung karisma persatuan, saya percaya bahwa sudut pandangnya dapat membimbing pekerjaan Anda dalam pengakuan bahwa “semuanya terhubung” dan bahwa “kepedulian terhadap lingkungan perlu disatukan dengan tulus. cinta untuk sesama manusia dan komitmen yang teguh untuk menyelesaikan masalah pada masyarakat” (Laudato Si ‘, 91).

Di antara masalah tersebut adalah kebutuhan mendesak akan paradigma sosial-ekonomi baru dan lebih inklusif yang mencerminkan kebenaran bahwa kita adalah “satu keluarga manusia, sesama peziarah yang saling berbagi daging yang sama, anak-anak di bumi yang sama, yang merupakan rumah kita bersama” (Fratelli Tutti, 8). Solidaritas satu sama lain dan dengan dunia di sekitar kita menuntut kemauan yang kuat untuk mengembangkan dan menerapkan langkah-langkah praktis yang menumbuhkan martabat semua orang dalam hubungan manusia, keluarga dan pekerjaan mereka, sementara pada saat yang sama memerangi penyebab struktural kemiskinan dan pekerjaan. untuk melindungi lingkungan alam.

Mencapai ekologi integral membutuhkan pertobatan internal yang mendalam baik pada tingkat pribadi maupun komunal. Saat Anda memeriksa tantangan besar yang kita hadapi saat ini, termasuk perubahan iklim, kebutuhan akan pembangunan berkelanjutan, dan kontribusi agama terhadap krisis lingkungan, sangatlah penting untuk memutuskan logika eksploitasi dan keegoisan dan untuk mempromosikan praktik gaya hidup yang tenang, sederhana dan rendah hati (lih. Laudato Si ‘, 222-224). Harapan saya adalah pekerjaan Anda akan berfungsi untuk memupuk dalam hati saudara-saudari kita tanggung jawab bersama satu sama lain sebagai anak-anak Allah dan komitmen yang diperbarui untuk menjadi penatalayan yang baik atas pemberian ciptaan-Nya (lih. Kej 2:15) .

Teman-teman yang terkasih, sekali lagi saya berterima kasih atas penelitian Anda dan upaya kerja sama Anda untuk mencari cara baru yang mengarah pada ekologi integral untuk kebaikan bersama keluarga manusia dan dunia ciptaan. Dalam mengucapkan doa terbaik saya untuk pertimbangan Anda selama pertemuan ini, saya dengan hormat meminta kepada Anda, keluarga Anda, dan rekan Anda, berkat kebijaksanaan, kekuatan, dan kedamaian dari Tuhan. Dan saya memohon kepada Anda, tolong, untuk mengingat saya dalam doa Anda.

Roma, dari St. Yohanes Lateran, 23 Oktober 2020

Fransiskus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s