Sapaan Paus Fransiskus pada Angelus – 6 Januari 2021

Sapaan Bapa Suci Paus Fransiskus pada Angelus

Perpustakaan Istana Apostolik

Rabu, 6 Januari 2021


Saudara-saudari yang terkasih, selamat siang!

Hari ini, kita merayakan Hari Raya Epifani, yaitu manifestasi Tuhan kepada semua orang: pada kenyataannya, keselamatan yang dilakukan oleh Kristus tidak mengenal batas. Ini untuk semua orang. Epifani bukanlah misteri tambahan, ia selalu merupakan misteri yang sama dengan Kelahiran, namun dilihat dari dimensi cahaya, cahaya yang menerangi setiap orang – pria dan wanita, cahaya untuk disambut dalam iman dan cahaya untuk dibawakan kepada orang lain dalam kasih, melalui kesaksian, dalam pewartaan Injil.

Kesaksian Yesaya, disampaikan dalam Liturgi hari ini (lihat Yes 60: 1-6), bergema di zaman kita dan lebih tepat waktu dari sebelumnya: “kegelapan menutupi bumi, dan kegelapan pekat orang-orang” (ayat 2), tertulis pada kitab Yesaya. Dengan latar belakang itu, nabi mengumumkan terang itu: terang yang diberikan Tuhan ke Yerusalem dan ditakdirkan untuk menerangi jalan semua orang. Cahaya ini memiliki kekuatan untuk menarik semua orang, dekat dan jauh, setiap orang berangkat di jalan untuk mencapainya (ayat 3). Itu adalah visi yang membuka hati, yang membuat nafas menjadi lebih mudah, yang mengundang harapan. Pastinya, kegelapan hadir dan mengancam dalam kehidupan setiap orang dan dalam kisah kemanusiaan; tapi cahaya Tuhan lebih kuat. Hal ini perlu disambut agar bisa bersinar pada semua orang. Tapi, kita bisa menjauhkan cahaya ini dari kita. Tapi kita seringkali masih bertanya pada diri sendiri: “Di manakah cahaya itu?” Nabi Yesaya melihatnya sekilas dari jauh, tapi itu sudah cukup untuk mengisi jantung Yerusalem dengan kegembiraan yang tak tertahankan. Dimanakah cahaya itu?

Penginjil Matius pada gilirannya, menceritakan kisah orang Majus (lihat 2: 1-12), menunjukkan bahwa terang itu adalah Bayi Betlehem, itu adalah Yesus, walaupun kerajaan-Nya tidak dapat diterima oleh semua orang. Sebagian menolaknya, seperti Raja Herodes. Dia adalah bintang yang muncul di cakrawala, Mesias yang ditunggu, Dia yang melaluinya Tuhan akan menyatakan kerajaan kasih-Nya, kerajaan keadilan dan perdamaian-Nya. Ia lahir tidak hanya untuk sebgian orang, tetapi untuk semua orang – pria dan wanita, untuk semua orang. Terang bagi semua orang, keselamatan bagi semua orang.

Dan bagaimana “radiasi” ini datang? Bagaimana terang Kristus bersinar di setiap tempat dan di setiap saat? Ia memiliki cara pengembangannya sendiri. Itu tidak dilakukan melalui alat-alat kuat dari kerajaan dunia ini yang selalu berusaha untuk merebut kekuasaan. Tidak, terang Kristus menyebar melalui pewartaan Injil. Melalui pewartaan… dengan ucapan dan kesaksian. Dan dengan “metode” yang sama ini, Tuhan memilih untuk datang di antara kita: Inkarnasi, yaitu dengan mendekat satu sama lain, bertemu yang lain, mengasumsikan realitas yang lain dan membawa kesaksian tentang iman kita, setiap orang. Inilah satu-satunya cara agar terang Kristus, yang adalah kasih, dapat bersinar dalam diri mereka yang menerimanya dan menarik orang lain. Terang Kristus tidak hanya berkembang melalui kata-kata, melalui metode palsu, metode komersial…. Tidak, namun, melalui iman, perkataan dan kesaksian. Dengan demikian terang Kristus berkembang. Bintang itu adalah Kristus, tetapi kita juga bisa dan juga harus menjadi bintang bagi saudara-saudari kita, sebagai saksi harta karun kebaikan dan belas kasihan tak terbatas yang ditawarkan Penebus dengan cuma-cuma kepada semua orang. Terang Kristus tidak berkembang melalui proselitisme. Itu berkembang melalui kesaksian, melalui pengakuan iman. Bahkan melalui kemartiran.

Oleh karena itu, syaratnya adalah menyambut cahaya ini di dalam hati kita, untuk selalu mengutamakan menyambutnya. Celakalah kita jika kita mengira kita menguasainya, jangan; celakalah kita jika kita berpikir bahwa kita hanya perlu “mengaturnya”! Jangan seperti itu. Seperti orang Majus, kita juga dipanggil untuk membiarkan diri kita terpesona, tertarik, dibimbing, diterangi dan dipertobatkan oleh Kristus: Dia adalah perjalanan iman, melalui doa dan kontemplasi atas pekerjaan Tuhan, yang terus menerus memenuhi kita dengan sukacita dan keajaiban, keajaiban yang selalu baru. Keajaiban itu selalu menjadi langkah pertama untuk maju dalam terang ini.

Mari kita memohon perlindungan Maria Bunda Gereja Universal, agar sanggup menyebarkan Injil Kristus ke seluruh dunia, terang  bagi semua orang, terang bagi setiap manusia.

Setelah berdoa Angelus bersama umat beriman, Paus Fransiskus melanjutkan:

Saudara dan saudari terkasih,

Saya mengikuti dengan seksama dan dengan kebahagiaan, peristiwa-peristiwa di Republik Afrika Tengah di mana pemilihan baru-baru ini berlangsung di mana orang-orang telah mewujudkan keinginan untuk mengejar jalan perdamaian. Saya mengundang semua pihak ke dialog persaudaraan, saling menghormati, untuk menolak segala bentuk kebencian dan untuk menghindari segala bentuk kekerasan.

Saya menyampaikan kasih sayang saya kepada saudara dan saudari dari Gereja Oriental, Katolik dan Ortodoks, yang menurut tradisi mereka merayakan Kelahiran Tuhan besok. Kepada mereka, saya menyampaikan harapan saya yang paling tulus untuk Natal Suci dalam terang Kristus, damai sejahtera dan harapan kita.

Pada pesta Epifani hari ini, Hari Anak Misionaris Sedunia dirayakan yang melibatkan banyak anak laki-laki dan perempuan di seluruh dunia. Saya berterima kasih kepada mereka masing-masing dan saya mendorong mereka untuk menjadi saksi Yesus yang penuh sukacita, berusaha untuk selalu membawa persaudaraan di antara sesama Anda sekalian.

Saya dengan hormat menyapa Anda semua yang terhubung melalui berbagai sarana komunikasi. Salam khusus ditujukan kepada Three Kings Procession Foundation yang menyelenggarakan acara evangelisasi dan solidaritas di berbagai kota dan desa di Polandia dan di negara lain.

Selamat merayakan Hari Raya epifani! Tolong jangan lupa doakan saya. Selamat makan siang dan sampai jumpa!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s