Cinta Kasih Buah Persatuan dengan Allah

Renungan Harian Misioner
Kamis Pekan Paskah V, 6 Mei 2021
P. Dominikus Savio

Kis. 15:7-21; Mzm. 96:1-2a,2b-3,10; Yoh. 15:9-11

Hari ini, dalam bacaan pertama, kita diajak melihat dan merenungkan kisah jemaat perdana mengadakan sidang. Mereka membicarakan mengenai hal-hal yang menyangkut pertobatan orang-orang dari bangsa-bangsa bukan Yahudi. Inti persoalannya menyangkut mengenai tradisi dan praktik-praktik keagamaan Yahudi. Sebagaimana kita ketahui bahwa saat itu jemaat perdana terdiri dari orang-orang Yahudi yang sangat taat menjalankan tradisi nenek moyang mereka. Namun persoalan mulai muncul ketika orang-orang non-Yahudi juga menjadi percaya akan pewartaan akan Yesus Kristus dan mereka tidak terbiasa dengan seluruh tradisi Yahudi.

Iman dan praktik beragama kerap kali dipandang secara berat sebelah. Seolah yang satu tidak berhubungan dengan yang lain. Namun dalam sidang perdana yang dikisahkan dalam bacaan pertama, Petrus menyadarkan saudara-saudaranya bahwa iman akan Kristus yang membawa keselamatan murni merupakan karya Allah melalui Roh Kudus. Praktik keagamaan dan tradisi yang ada justru seharusnya mendukung perwujudan iman tersebut dan bukan menghalangi seseorang untuk beriman. Sebab iman yang hidup pasti akan berbuah dalam tindakan yang nyata – juga terwujud dalam pelaksanaan praktik keagamaan tersebut.

Hal tersebut ditegaskan pula oleh Yesus sebagaimana kita baca dalam Injil: “Seperti Bapa telah mengasihi Aku, demikianlah juga Aku telah mengasihi kamu; tinggallah di dalam kasih-Ku itu. Jikalau kamu menuruti perintah-Ku, kamu akan tinggal di dalam kasih-Ku, seperti Aku menuruti perintah Bapa-Ku dan tinggal di dalam kasih-Nya.” (Yoh.15:9-10) Iman kita akan Allah yang adalah Kasih menuntun kita akan perwujudan buah-buah kasih itu sendiri dalam kehidupan kita sehari-hari. Kita bisa melihat perwujudan kasih itu dalam surat Rasul Paulus (1Kor. 13:4-7): Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu; ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong… Dan itulah yang membuat hati kita akan dipenuhi dengan sukacita Injli. Perilaku yang demikian seharusnya menjadi landasan segala bentuk tradisi dan praktik beragama kita. Mengasihi Allah melalui sesama membuat kita mampu melihat lebih dalam dan jernih segala tradisi dan ritual keagamaan kita. Sebab tanpa cinta kasih tersebut tindakan dan praktik-praktik beragama itu akan menjadi kering dan hampa. Maka marilah kita dengan rendah hati memohon bimbingan Roh Kudus, agar melalui diri kita, orang lain sanggup merasakan kasih Allah dalam wujud yang paling nyata. Tuhan memberkati.

(Br. Kornelius Glossanto, SX – Missionaris Xaverian)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Dunia Keuangan: Marilah kita berdoa bagi mereka yang bertanggung jawab dalam keuangan agar bekerja sama dengan pemerintah untuk mengatur bidang keuangan dan melindungi warga dari bahaya. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Para buruh: Semoga pemerintah dan pengusaha dapat segera menemukan jalan untuk mengatasi krisis pengangguran dan berusaha untuk sedapat mungkin mencegah terjadinya Pemutusan Hubungan Kerja. Kami mohon…

Ujud Khusus Tahun Santo Yoseph:

Sudilah menjadikan Santo Yoseph pelindung para pekerja kami, sehingga mampu melaksanakan tugas mereka dalam keluarga dan masyarakat luas, sehingga menemukan kebahagiaan dalam tugas mereka. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s