Bersukacita Menjual Segala Milikku di Dunia

Renungan Harian Misioner
Rabu, 28 Juli 2021
P. S. Nasarius & Selsus

Kel. 34: 29-35; Mzm. 99:5-7,9; Mat. 13:44-46

Injil hari ini singkat saja, berisi dua perumpamaan untuk menggambarkan Kerajaan Surga. Penginjil Matius mengisahkan bahwa Yesus menggunakan dua benda material untuk menggambarkan “sesuatu” – yang sangat berharga – itu. Pertama, harta terpendam, dan yang kedua, mutiara yang indah.

Pada perumpamaan pertama ada kata “ditemukan”, bisa berarti tindakan yang dilakukan tanpa sengaja. Pada perumpamaan kedua ada kata “mencari”, di sini jelas ada penekanan bahwa ada kesengajaan, usaha yang dilakukan untuk bisa mencapai hasil tertentu. Orang pertama jelas beruntung, ia tanpa sengaja atau tanpa berencana dapat menemukan harta terpendam. Orang kedua tak kalah beruntungnya, ia punya rencana dan usaha (mencari) serta target yang spesifik, dan ia kemudian menemukan apa yang dicarinya.

Persamaan pada kedua tokoh dalam perumpamaan itu adalah respon mereka setelah “penemuan” terjadi. Keduanya karena dorongan sukacita memutuskan dan melakukan hal yang sama: pergi – menjual seluruh miliknya – lalu membeli ladang tempat harta terpendam/mutiara itu.

Saya bayangkan, ladang tempat harta terpendam itu pastilah besar, atau mutiara indah itu pasti sangat mahal, hingga kedua orang tersebut harus menjual seluruh harta milik mereka. Atau sebaliknya, ladang itu kecil saja, mutiara indahnya tak terlalu mahal, namun kedua orang itu bukan orang yang berada alias pas-pasan, sehingga mereka harus menggadaikan seluruh milik untuk ditukarkan dengan apa yang mereka inginkan. Entah situasi yang mana, yang jelas mereka bersukacita dan berani melepas segala yang mereka punyai demi “sesuatu” yang mereka temukan dan inginkan. Artinya “sesuatu” itu pastilah paling bernilai!

Yesus ingin menunjukkan pada kita, nilai Kerajaan Surga melampaui nilai segala apa yang dimiliki manusia di dalam hidupnya. Dan saking bernilainya, manusia akan bersukacita menjual segala miliknya, dan menukarkannya dengan Kerajaan Surga. Pertanyaannya, apakah kita telah memahami makna Kerajaan Surga yang sesungguhnya?

Menjual berarti ada tindakan melepaskan. Ada kehilangan. Dalam situasi pandemi ini begitu banyak terjadi kehilangan. Kita kehilangan harta benda, kesehatan, pekerjaan, posisi, kesempatan, kenyamanan, mimpi, orang-orang yang kita kasihi, bahkan ada ancaman akan kehilangan nyawa kita sendiri. Dari sekian banyak peristiwa kehilangan yang kita saksikan dan alami sendiri, serta yang mungkin masih akan terus terjadi, apakah kita masih dapat menemukan Kerajaan Surga itu? Dan jika kita menemukannya, akankah kita berespon seperti kedua tokoh dalam perumpamaan Yesus itu, bersukacita pergi “menjual” seluruh milik lalu menukarkannya dengan Kerajaan Surga?

(Angel – Biro Nasional Karya Kepausan Indonesia)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Persahabatan Sosial: Kita berdoa agar dalam situasi konflik sosial, politik dan ekonomi, kita berani dan penuh semangat menjadi sarana dialog dan persahabatan. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Para pendidik: Semoga para pendidik semakin hari semakin kreatif, dengan berusaha mengembangkan materi pendidikan melalui media sosial dan teknologi. Kami mohon…

Ujud Khusus Tahun Santo Yoseph:

Sudilah melimpahkan Roh Sukacita, agar kami boleh merasakan sukacita dalam mendidik para muda, seperti Santo Yoseph, yang bersama Bunda Maria mendampingi pertumbuhan Sang Putera, dalam Keluarga Nasaret. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s