Menjadi Gembala Bagi Siapapun

Renungan Harian Misioner
Rabu, 04 Agustus 2021
P. S. Yohanes Maria Vianney

Bil. 13:1-2a,25 – 14:1,26-29,34-35; Mzm. 106:6-7a,13-14,21-22,23; Mat. 15:21-28

Santo Yohanes Maria Vianney Imam, yang dirayakan hari ini kerap disebut “Pastur dari Ars”. Sebab sesudah ditahbiskan menjadi imam, Diosis-nya menugaskan beliau di suatu paroki di desa terpencil. Ia dengan segera dikenal sebagai seorang imam, yang menjadi tempat, banyak umat datang, meminta nasihat rohani, memohon pengampunan dosa dan menemukan pengharapan hidup baru karena kebangkitan imannya.

BACAAN PERTAMA – YEH 3:16-21:
Nubuat Yehezkiel rupanya terwujud dengan baik dalam hidup Pastor Ars ini. Yehezkiel menyambut nubuat dari Tuhan agar menjadi penasihat bagi umat Allah. Sebab, ia ditunjukkan tugasnya, menjadi Imam Kristus. Artinya, ia diutus untuk mewartakan Kabar Baik sejati: untuk memberi peringatan kepada yang berdosa supaya bertobat; memberi bimbingan kepada siapa pun supaya beriman secara bersungguh-sungguh sehingga selamat. Itulah rupanya, sebabnya, mengapa ada banyak sekali umat, yang mendatangi Pastor Ars, dan diselamatkan.

REFLEKSI KITA: bila kita awam, maka kita menerima Imamat Umum, sedangkan bila kita Imam/Pastor, maka kita menerima Imamat Tahbisan. Baik Awam maupun Imam menerima panggilan untuk membantu sesama umat, agar bertobat bila berdosa, dan semakin beriman, apabila kita sudah lebih dekat kepada Tuhan. Marilah kita refleksikan: apakah kita sampai sekarang, dengan kata, perbuatan dan hidup kita, sungguh membantu sesama menjadi semakin dekat kepada Tuhan; ataukan malah menjauhkan mereka dari Tuhan, dengan kata dan teladan kita?

BACAAN INJIL – MATIUS 9:35-10:1:
Dalam Injil Matius ini kita semua dipanggil untuk mengikuti Tuhan Yesus, yang ke segala tempat mewartakan Kerajaan Allah. Artinya, di mana-mana Kristus mempertobatkan orang dan menyembuhkan orang dari dosa serta mendekatkan orang kepada Allah Bapa. Sang Kristus memberi teladan, untuk “berbelas kasih kepada umat, yang seperti domba tanpa gembala”, sehingga dapat tersesat dan binasa. Kita diingatkan, bahwa untuk melaksanakan tugas seperti Yesus itu, banyak hal yang perlu dilaksanakan, bagaikan “panen yang membutuhkan banyak pemanen”.

REFLEKSI KITA: apakah kita siap untuk mengambil bagian dalam melayani ‘pastoral’, artinya ‘menjadi gembala’ bagi siapa pun, yang haus akan keselamatan dari Allah?

(RP. B.S. Mardiatmadja, SJ – Dosen STF Driyarkara)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Gereja: Marilah kita berdoa bagi Gereja, agar menerima dari Roh Kudus, rahmat dan kekuatan untuk memperbarui dirinya dalam cahaya Injil. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Menanggulangi masalah rasialisme: Semoga pemerintah dikaruniai kejernihan hati dan pikiran dalam membimbing masyarakat agar tidak mudah terpancing oleh isu perbedaan sosial, budaya dan ras yang mudah meledak. Kami mohon…

Ujud Khusus Tahun Santo Yoseph:

Perkenankanlah kami menyertai Santo Yoseph untuk memperoleh Roh Kerendahan Hati, agar dalam kemerdekaan sejati dapat menyerahkan diri kepada Kehendak-Mu. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s