Misionaris Sejati di Era Pandemi

Renungan Harian Misioner
Rabu, 01 September 2021
P. S. Pedro Armegol, S. Verena

Kol. 1:1-8; Mzm. 52:10,11; Luk. 4:38-44

Misi: Mewartakan Injil di tengah gelombang pandemi mengajak kita untuk membangun kreativitas diri sehingga kita mampu menghadirkan Sukacita Injili sambil tiada hentinya mengakui, bahwa Yesus Kritus adalah Anak Allah.

Saudara-saudariku yang terkasih. Kisah Yesus mengunjungi Rumah Simon Petrus bukan suatu peristiwa kebetulan, bukan juga karena kisah kedekatan melainkan suatu desakan semangat misi Yesus yang adalah Seorang putra Allah juga seorang UTUSAN ALLAH BAPA untuk mengemban amanat Misi Allah. Yesus mengetahui bahwa Kehadiran-Nya di setiap tempat misi akan meningkatkan bilangan gerakan massa yang membutuhkan pertolongan dan pemulihan bahkan pelepasan dari kuasa gelap alias setan dan roh jahat. Reksa pastoral dan semangat melaksanakan mandat Sang Bapa untuk mewartakan Injil sekaligus menghadirkan Diri-Nya sebagai Sang KABAR BAIK membuat semua setan takluk dan mengakui Dia sebagai ANAK ALLAH.

Semua sahabat Misioner yang terkasih. Dalam Injil yang kita dengar tadi, Yesus mau menegaskan bahwa ruang gerak Diri-Nya sebagai seorang Misionaris tidak dibatasi dan diikat oleh siapapun. Dia tidak melekatkan diri pada tempat tertentu. Maka prinsip serta tanggung jawab iman kita adalah Injil serta Kerajaan Allah hendaknya dimaklumkan ke semua tempat, dimulai dari tempat tinggal kita, tempat kerja dan medan juang kita.

Para Sahabat misioner yang terkasih. Gaya Yesus bermisi bukan sekadar menyerukan pertobatan kolektif, bukan juga membawa pemulihan kolektif melainkan Dia menyapa setiap pribadi satu per satu. Hal itu terbukti lewat tindakan Yesus meletakkan tangan di atas kepàla setiap orang yang menderita sakit dan menyelamatkan mereka. Semua sakit disembuhkan dan mereka yang kerasukan setan dilepaskan.

Saudara-saudari yang terkasih. Buah pewartaan dan karya Yesus dalam melaksanakan, misi-Nya adalah semua penyakit disembuhkan, semua yang dikuasai roh-roh jahat mengalami pelepasan bahkan yang sangat luar biasa adalah mereka mengakui Yesus sebagai Anak Allah. Sentuhan Injil Lukas bagi kita hari merupakan seruan dan mandat Yesus yang ditinggalkan pada kita yakni kita harus siap untuk melaksanakan tanggung jawab serta tugas iman yakni mewartakan Injil dan suka cita Injili sehingga semakin banyak orang yang mengalami pemulihan, pelepasan, serta masuk dalam kegembiraan Injili dan pada akhirnya mengakui Yesus sebagai Anak Allah.

Sesama sahabat Misioner Yng terkasih. Panggilan kita adalah sebuah kisah perjalanan kita bersama Yesus dalam menghadirkan Injil dan Kerajaan Allah. Tugas serta citarasa iman kita adalah hadir sebagai teman seperjuangan dan seperjalanan bagi mereka yang sedang menderita, yang mengalami kesulitan, bahkan yang sedang dikuasai oleh ego mereka, kesenangan sesaat, keserakahan serta ketersesatan mereka.

Sementara pada kesempatan ini Yesus terus mengajak kita untuk membangun misi yang reaktif dan kreatif di tengah gelombang pandemi ini. Pandemi yang bukan saja merenggut nyawa manusia tetapi juga melumpuhkan semua lini kehidupan kita menjadi peluang bagi kita untuk bergerak lebih cepat menggunakan kecanggihan sarana teknologi digital guna membangun suatu bentuk perjumpaan baru, yang mendekatkan kita dengan sesama yang sedang mengalami kesulitan dan mereka yang sedang diikat oleh roh-roh kebaikan serta kegelisahan yang berlebihan juga pada saat yang sama mendekatkan kita dengan Tuhan.

Karena ulah pandemi ini maka tidak sedikit orang yang sedang terpapar keputusasaan, kehilangan pekerjaan, berbagai usaha gagal akibat berbagai sistem penanganan pandemi yang menutup semua ruang perjuangan hidup. Mereka kehilangan penghiburan, kehilangan sukacita Injili. Tidak sedikit orang yang kini sedang tergoncang iman akibat ditiadakannya perkumpulan untuk beribadah dan rumah-rumah ibadah ditutup. Tidak sedikit kaum remaja dan anak-anak mengalami kebingungan atas masa depan. Karena sistem pendidikan online yang tidak mampu diserap oleh anak dan orang tua sebagai pendamping di rumah. Pada realitas inilah kita hadir dengan semangat Kabar Baik untuk memberi kekuatan, penyembuhan, pengharapan, dan penghiburan.

Bagi merekalah kita berjuang menanamkan kekuatan misi sehingga bukan saja semakin banyak orang mengakui YESUS SEBAGAI ANAK ALLAH serta mengalami keselamatan, dan juga mereka yang sedang diterpa badai dan gelombang pandemi dapat tetap bersandar pada Kuat Kuasa Yesus dan tetap memiliki Kepastian Iman bahwa Yesus Kristus adalah Sungguh Anak Allah Yang Menyelamatkan. Amin.

(RP. Hiasintus Ikun, CMF – Dirdios KKI Keuskupan Palangkaraya)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Gaya hidup yang ramah lingkungan: Kita berdoa agar kita semua bisa membuat keputusan yang berani untuk gaya hidup yang sederhana dan ramah lingkungan, bersukacita bersama orang muda kita yang dengan tegas berkomitmen dengan hal ini. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Mereka yang tertekan masalah ekonomi: Semoga mereka yang tertekan oleh masalah ekonomi bisa menemukan usaha-usaha baru yang bisa menjadi sumber nafkahnya. Kami mohon…

Ujud Khusus Tahun Santo Yoseph:

Sudilah mengarahkan sejarah hidup kami seperti sejarah hidup Santo Yoseph, yang Kau bimbing menyatu dengan para Leluhurnya, sebagaimana nampak dalam Alkitab. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s