Menjadi Penabur Benih Kasih ALLAH

Renungan Harian Misioner
Sabtu, 18 September 2021
P. S. Yosef Cupertino

1Tim. 6:13-16; Mzm. 100:2,3,4,5; Luk. 8:4-15

Hari ini kita Yesus mengajak kita merenungkan perumpamaan mengenai penabur yang pergi keluar untuk menaburkan benih. Benih-benih tersebut jatuh di berbagai macam tempat. Dan sebagaimana kita ketahui bersama, tempat tersebut menentukan nasib benih-benih tersebut.

Benih itu adalah firman Allah, kabar sukacita, kabar gembira, yakni Allah adalah cinta kasih dan Allah begitu mengasihi manusia. Akan tetapi sebagaimana benih yang jatuh di beragam tanah, tidak setiap orang yang mendengar kabar gembira tersebut paham atau mampu menangkap apa itu firman Allah. Ada yang menolak dan menerima kabar gembira tersebut sebagai hal yang menyesatkan. Orang-orang demikian diumpakan seperti benih yang jatuh di pinggir jalan dan burung-burung memakannya. Ada juga orang yang hidup di tengah lingkungan yang penuh persoalan sehingga firman yang didengarnya terhimpit dan tidak bertumbuh. Namun ada pula orang yang karena hidup di tengah lingkungan yang cocok mampu menerima kabar gembira tersebut dan pelan-pelan menjadikan hidup mereka berbuah melalui karya nyata.

Terkadang kita lupa merenungkan kisah benih-benih tersebut. Kita tidak jarang merasa putus asa ketika kebaikan yang kita lakukan, peneguhan-peneguhan yang kita berikan dengan tulus kepada orang-orang yang kita jumpai seakan tidak menghasilkan buah yang kita harapkan. Kita lupa bahwa kita ini adalah sang penabur itu sendiri. Tugas kita adalah menaburkan kebaikan dalam hidup kita. Dan memasrahkan segalanya kepada Tuhan. Sebab sebagaimana benih-benih tersebut jatuh di beragam bentuk tanah, demikian pula ada beragam bentuk dan kondisi batin orang-orang yang kita temui dalam kehidupan ini.

Sebagai penabur kita diajak untuk terus menaburkan benih-benih kebaikan. Sebab selalu ada harapan bahwa kebaikan dan cinta kasih yang kita taburkan akan menyentuh hati orang-orang dan bertumbuh kembang dalam hidup mereka. Hingga pada akhirnya orang-orang tersebut mampu menyalurkan buah-buah kebaikan yang baru sebagaimana telah mereka terima.

Marilah kita mohon kepada Bapa di Surga, agar kita sebagai pengikut Kristus tidak kenal lelah menjadi sarana penabur kasih-nya ditengah keluarga, tempat kerja dan masyarakat kita. Semoga Roh Kudus sendiri yang akan menumbuhkan kebaikan-kebaikan yang kita bagikan sehingga berbuah berlipat ganda. Tuhan memberkati.

(Br. Kornelius Glossanto, SX – Misionaris Xaverian)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Gaya hidup yang ramah lingkungan: Kita berdoa agar kita semua bisa membuat keputusan yang berani untuk gaya hidup yang sederhana dan ramah lingkungan, bersukacita bersama orang muda kita yang dengan tegas berkomitmen dengan hal ini. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Mereka yang tertekan masalah ekonomi: Semoga mereka yang tertekan oleh masalah ekonomi bisa menemukan usaha-usaha baru yang bisa menjadi sumber nafkahnya. Kami mohon…

Ujud Khusus Tahun Santo Yoseph:

Sudilah mengarahkan sejarah hidup kami seperti sejarah hidup Santo Yoseph, yang Kau bimbing menyatu dengan para Leluhurnya, sebagaimana nampak dalam Alkitab. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s