Jalan Hidup Kita: TUHAN YESUS

Renungan Harian Misioner
Selasa, 03 Mei 2022
Pesta S. Filipus dan Yakobus

1Kor 15:1-8; Mzm 19:2-3.4-5; Yoh 14:6-14

ST. FILIPUS DAN ST. YAKOBUS: Filipus berasal dari Betsaida dan merupakan satu dari murid-murid Yesus yang pertama. Kepadanya, Yesus mengundang “Ikutlah”. Sesudah Kebangkitan Yesus, Filipus amat giat mewartakan Kabar Gembira di daerah Samaria, dll. Pada tahun 2011, orang Turki menemukan makam Filipus di kota Denizli Turki. Yakobus yang kita peringati hari ini sering disebut Yakobus Muda, saudara sepupu Yesus. Ia dikabarkan sebagai orang yang banyak berdoa dan pemaaf. Sebab, keakrabannya dengan Tuhan menyebabkan ia membadani tujuan Penjelmaan dan Penebusan, yaitu “mengakui iman akan Allah yang penuh kerahiman dan mengampuni dosa-dosa manusia”.

BACAAN PERTAMA 1 Kor 15:1-8: menggarisbawahi pegangan Paulus pada kesaksian para Rasul. Secara khusus ditonjolkannya keakraban mereka dengan Guru dari Nasaret. Keakraban dengan Sang Putera itulah yang menjadi sebab, bahwa orang menjauhkan diri dari dosa dan diampuni. Sebab dengan demikian, mereka menyatu dengan Allah sendiri. Salah satu tanda bahwa mereka akrab dengan Tuhan adalah bahwa Sang Terbangkitkan berkenan datang kepada mereka.

REFLEKSI KITA: apakah kita mau akrab dengan Tuhan Yesus, yang sudi menjadi manusia, seperti kita? Maukah kita membuka hati kita, untuk merekatkan hati kita dengan Hati Yesus.

BACAAN INJIL Yohanes 14:6-14: Perikop ini mendasarkan keselamatan kita pada kesediaan untuk menyambut Yesus Sang “Jalan, Kebenaran dan Hidup”. Artinya, langkah-langkah hidup kita secara lahir dan batin senantiasa dalam kesatuan dengan Tuhan Yesus, Sang Terbangkitkan. Sebab, hanya di situlah ada JALAN yang menuju kepada Keselamatan. Selain itu, di tengah hiruk pikuk zaman dari Gereja Perdana, Abad Pertengahan sampai saat ini, kita dapat saja dirisaukan oleh jutaan gagasan dan ideologi beraneka. Tetapi, hanya Yesuslah Sang Kebenaran bagi kita. Maukah kita berpegang teguh pada Sang Kebenaran? Kalau demikian, memang hanya ada satu PILIHAN HIDUP, ya pada Tuhan Yesus. Tidak perlulah kita bingung mencari jalan hidup yang lain. HIDUP kita ya ada dalam Diri Yesus.

REFLEKSI KITA: sejauh manakah kita sudah membiasakan diri akrab dengan Tuhan Yesus? Mohonlah Roh Kristus untuk menyambut Dia dalam diri kita sebagai Sang JALAN, KEBENARAN DAN HIDUP. Tuhan memberkati.

“St. Filipus dan St. Yakobus, doakanlah kami untuk mewartakan Kabar Yesus Kristus”.

(RP. B.S. Mardiatmadja, SJ – Dosen STF Driyarkara)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Gereja Universal: Bagi Iman kaum muda

Kita berdoa untuk kaum muda yang dipanggil menjalani hidup dengan sepenuh-penuhnya; semoga dalam diri Maria mereka dapat belajar untuk mendengarkan, melakukan diskresi secara mendalam, mempunyai keberanian yang lahir dari iman, dan memberikan diri dalam pelayanan.

Ujud Gereja Indonesia: Menghayati doa rosario

Kita berdoa, semoga bersama Maria kita makin dapat merasakan kesederhanaan dan kedalaman doa rosario, dan mau rajin mendoakannya demi sesama yang memohon doa-doa kita.

Amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s